NTRL, sebelumnya bernama Netral, adalah sebuah kelompok musik yang bergenre Rock alternatif dibentuk pada bulan November tahun 1991. Awal kemunculan kelompok ini ialah pada klip video berjudul Wa..lah di stasiun televisi MTV Indonesia yang saat itu masih kerja sama dengan ANTV. Tembang ini merupakan andalan album perdana yang dijadikan klip video pada era rock alternatif sedang berjaya pada 1990-an.

Saat dibentuk, kelompok ini terdiri dari tiga personel, yaitu Bagus Dhanar Dhana (Bagus) - vokal dan bassis, Gabriel Bimo Sulaksono (Bimo) - drummer, Ricky Dayandani (Miten) - gitaris. Dari perjalanan dekade 90-an tersebut saat ini hanya menyisakan Bagus sebagai pendiri yang bertahan. Posisi penabuh dan gitaris telah digantikan oleh Eno Gitara Ryanto (Eno) dan Christopher Bollemeyer (Coki). Sama halnya dengan label, dari label arus utama, sekarang mereka berdiri dengan bendera sendiri bernama Kancut Records.

NTRL (dulunya Netral) resmi terbentuk pada tahun 1991 dengan nama Netral. Pada awalnya, Netral memainkan musik dari kelompok musik luar negeri seperti Nirvana, Sex Pistols, Sonic Youth, The Cure, dan lain-lain. Mereka juga tampil dalam acara di sekolah maupun universitas di Jabotabek. Penampilan serta atraksi mereka di panggung cukup menghibur paramuda era itu. Termasuk juga remaja asing yang bersekolah di Jakarta Internasional School (JIS) yang kemudian membuat band ini kerap kali diundang untuk menjadi pengisi acara rutin sekolah tersebut bernama Black Hole.

Banyaknya pementasan yang dilakukan membuat Netral semakin dewasa dalam penampilan. Sehingga mereka mulai memikirkan untuk membuat album sendiri. Pada tahun 1994, Netral mendapatkan produser untuk album perdananya. Di bawah naungan PT. Indosemar Sakti. Netral berhasil menjual lebih dari 80.000 unit kaset dan Compact Disc dari album perdana ini.

Hal ini membuat promotor Indonesia dan media asing tertarik untuk mementaskan Netral. Tercatat sebanyak lebih dari 50 pementasan dalam setahun di seluruh Indonesia. Sejak saat itu berita tentang Netral sering memenuhi halaman berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Netral disebut oleh pers Indonesia dikatakan sebagai Band Alternatif era itu. Terlepas dari yang diberikan pers Indonesia ini benar atau tidak. Yang jelas band yang dibentuk dari hasil persahabatan di SMA Negeri 55 dan SMA Negeri 60 Jakarta ini hanya memainkan musik yang murni keluar dari hati nurani mereka sendiri. Begitulah tekad personel awal Bagus Dhanar Dhana bas/vokal, Gabriel Bimo Sulaksono drum, dan Ricky Dayandani alias Miten gitar.

Hampir semua majalah remaja di Indonesia pernah memuat ulasan tentang band Netral, bahkan majalah sekelas Gatra, kepunyaan Bob Hasan, memuat tentang band ini satu halaman penuh. Album kedua Netral berjudul Tidak Enak dirilis pada tanggal 30 Juli 1996 dan konferensi pers di Jazz Rock Café Jakarta dihadiri hampir seluruh rekan pers di Jakarta dan daerah lainnya.

Pada tahun 2015 lahirlah sebuah konsep baru dari Netral. Band yang terdiri atas Christopher Bollemeyer alias Coki, Eno Gitara Ryanto dan Bagus Dhanar Dhana itu kini mengubah nama Netral jadi NTRL. Sebagai perayaan sekaligus perkenalan ulang NTRL, mereka merilis singel Sakit Jiwa. Sebuah lagu yang menunjukkan bahwa usia para personel tidak menghentikan mereka untuk ugal-ugalan.
Sakit Jiwa dirilis dalam format digital dan dijual melalui toko musik maya iTunes. Lagu kencang yang akan masuk dalam album NTRL mendatang yang berjudul 11/12. Sekaligus jadi pembuktian ucapan Coki beberapa bulan lalu soal konsep baru NTRL yang menambah kadar bising dalam musik mereka.
 
Kini musikalitas yang disajikan oleh NTRL sendiri lebih ngebut daripada yang sebelumnya. Mereka terdengar lebih sangar dan cenderung brutal. Terbukti di single "Sakit Jiwa", yang sangat bernafaskan punk rock.