Logo Eventkampus

Apakah Bulan Itu,….?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Apakah Bulan Itu,….?

Apakah Bulan Itu,….?

Penjelasan Mengenai Bulan

Bulan (Moon dalam bahasa Inggris, Luna dalam bahasa Romawi, Artemis dalam bahasa Yunani) adalah satu-satunya satelit alami yang Bumi miliki. Jika dilihat dari posisinya, Bulan adalah benda angkasa yang paling dekat dari Bumi. Bulan juga menjadi benda kedua yang paling terang di langit setelah Matahari (magnitudo Bulan -12,7, Matahari -26,4) dan satu-satunya benda langit yang permukaannya dapat diamati dengan mudah.

Seperti apakah permukaan bulan itu,…..?

Jejak kaki Neil Armstrong di bulan sangat kontroversial. Bersama rekannya Buzz Aldrin ia turun dari pesawat. Neil menggambarkan permukaan bulan penuh debu seperti serbuk batu bara. Ia bisa mengambil bagian yang seperti pasir itu dengan kakinya. Bubuk-bubuk itu juga menempel di sepatu boots-nya walaupun ia menjejak permukaan berpasir itu tidak terlalu dalam. “Saya hanya menjejakkan kaki sekitar â…› inchi di permukaan berpasir itu, tetapi debu-debunya sangat menempel di sepatu saya..”

Seberapa Besar Ukuran Bulan,…?

Bulan dari bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. 
Jangan bertanya besar mana Bulan dan Matahari, jelas matahari jauh lebih besar.
Karena Bulan hanya memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km atau satu kali putaran sejauh 39.900km. Untuk keliling di bulan kira kira memiliki radius lebih dari 6 kali panjang pulau Jawa.

Berapa jarak Bulan ke Bumi,..?

Berapa jarak bulan ke bumi. dibandingkan dengan stasiun ISS. Stasiun ISS berada di ketinggian sekitar 370km dari permukaan bumi.  Stasiun ISS adalah tempat dimana para astronot tinggal di ruang angkasa untuk sementara waktu. Stasiun ruang angkasa ISS hanya bisa dijangkau dengan roket.Walau bulan terlihat besar di Bumi, tetapi bulan berada 384.000km dari bumi, dan sangat jauh sekali dibanding posisi stasiun ruang angkasa terbesar buatan manusia yang setiap hari mengitari bumi.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

Blood Moon Juli 2018 , Pertanda Kiamat??
25 Juli 2018

Komentar