Cara Menghitamkan Sepatu Kain Yang Sudah Memudar Tanpa Disemir

access_time | label Tips & Trik
Cara Menghitamkan Sepatu Kain Yang Sudah Memudar Tanpa Disemir

Cara Menghitamkan Sepatu Kain Yang Sudah Memudar Tanpa Disemir

 

Sepatu adalah salah satu fashion yang sangat diperhatikan oleh berbagai kalangan baik dari anak-anak sampai orang dewasa pun sangat membutuhkan barang yang satu ini, tetapi terkadang sepatu sangatlah mudah berubah warna apalagi sepatu kain yang sering dicuci dengan detergen dan menjemurnya diterik matahari yang sangat panas membuat sepatu yang hitam lama kelamaan akan memudar dan berubah warna. Kadang kita malah menggunakan semir untuk menghitamkan sepatu kain, padahal itu malah membuat warna sepatu kain tambah menjadi pudar.  Nah guys, disini kita akan mengulas bagaimana caranya menghitamkan sepatu kain yang sudah memudar tanpa menggunakan semir.  Binggung dengan apa menghitamkannya disini kita hanya membutuhkan bahan wentter (Pewarna untuk pakaian). Wentter? Iya, bahan sepatu kain ternyata agak mirip dengan bahan pakain yang kita pakai sehari-hari, walau bahannya agak mirip  tapi jelas ya guys bahan untuk membuat sepatu kain lebih tebal dari pada untuk membuat baju. Masih ragu untuk mencobannya tenang guys disini saya sudah mencoba dan membuktikannya sendiri hasilnya sudah terbukti kok guys. Nah, gausah panjang lebar lagi mari kita ulas bagaimana caranya.

Pertama siapkan terlebih dahula alat dan bahannya:

Alat:

1.      Panci besar.

2.      Kompor.

3.      Kayu kecil (untuk mengaduk sepatu)

Bahan:

1.      Air (gunakan air sesuai dengan wadah yang dipakai jangan terlalu penuh agar tidak tumpah ketika sudah menguap)

2.      Wentter (pewarna hitam untuk pakain)

Jangan lupa siapakan sepatu yang akan disemir (sebagai testi / percobaan gunakan sepatu yang sudah lama tidak dipakai dengan bahan kain warna hitam yang sudah memudar atau berubah warna)

Bila semua bahan dan alat sudah siap, mari kita simak bagaimana cara melakukunya:

1.      Cuci bersih terlebih dahulu sepatu yang akan diwarnai.

2.      Siapkan panci yang berukuran besar diatas api kompor dengan api yang besar.

3.      Beri air sesuai dengan wadah panci yang digunakan (jagan terlalu penuh), tunggu air sampai mendidih dan menguap.

4.      Bila air sudah mendidih masukkan wentter kedalam panci, aduk hingga rata sampai wentter benar – benar tercampur rata.

5.      Jika wentter sudah tercampur rata masukkan sepatu yang akan diwarna (disini kita mewarna hanya untuk sepatu kain yang berwarna hitam)

6.      Tutup panci, dan tunggu beberapa menit sampai wentter benar – benar meresap ke serat kain sepatu (gunakan api sedang)

7.      Bila sudah meresap matikan api kompor dan ankat sepatu dari panci

8.      Kemudian jemur dan tiriskan sepatu (untuk hasil yang lebih maksimal jangan jemur sepatu dibawah terik matahari yang terlalu panas)

Nah guys, itu tadi tips dan trik dari saya cara menghitamkan sepatu kain yang memudar tanpa menggunakan semir. Bagaimana mudahkan guys gak ribet. Dengan memanfaatkan sepatu lama yang masih bagus dan Cuma warnanya saja yang pudar kita bisa hemat biaya dan sepatu bisa terlihat hitam dan seperti baru lagi. Selamat mencoba kawan semoga bermanfaat :)

 

 

Penulis

foto Rina Robbiulana Fathonah
Rina Robbiulana Fathonah
SMK NEGERI MATESIH

Share

Komentar