Logo Eventkampus

Insomnia? Ini cara sederhana mengatasi insomnia

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Insomnia? Ini cara sederhana mengatasi insomnia

Insomnia? Ini cara sederhana mengatasi insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk tidur. Insomnia termasuk masalah yang sangat menggangu, karena aktivitas sepanjang hari juga tentu akan terpengaruh. Padahal tidur merupakan aktivitas pentinng yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjadikan tubuh pulih kembali. Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hinggga daya tahan tubuh melemah. Insomnia dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain keemasan, stress, dan kebiasaan tidur yang buruk.

Insomnia terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan penyebabnya, insomnia dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Insomnia primer : Insomnia yang terjadi bukan karena gangguan kesehatan lainnya.

  • Insomnia sekunder : Insomnia yang terjadi karena suatu gangguan kesehatan tertentu.

Sedangkan berdasarkan lama waktu terjadinya, insomnia dibedakan menjadi dua, yakni:

·         Insomnia akut : insomnia yang terjadi dalam waktu yang relatif pendek karena sebab tertentu seperti gugup mendekati masa ujian.

·         Insomnia kronis : Insomnia dengan rentan waktu yang relatif panjang yang terjadi karena kondisi psikologi yang sedang tidak baik yang bisa bertahan tiga malam tiap minggu hingga beberapa bulan.

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi insomnia. Selain leboh aman, cara mengatasi insomnia secara alami ini juga mudah dilakukan. Mau tahu beberapa cara alami yang dapat mengatasi insomnia tersebut? Simak rangkuman berikut ini.

1.       Konsumsi pisang.

Kandungan potasium, magnesium, triptofan, dan vitamin dalam pisang dapat mengatur fungsi otak dan tubuh Dengan mengonsumsi pisang maka akan memproduksi kadar hormon optimal seperti melatonin dan serotin yang akan membantu tubuh menjadi lebih cepat terlelap.

2.       Minum susu

Susu mengandung triptofan yang dapat membantu menenangkan tubuh dan membuat tubuh lebih relaks sehingga tidur menjadi lebih mudah. 

3.       letakkan bantal dikaki

Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan meletakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul. Jika Anda tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut untuk meringankan rasa sakit.

4.       Matikan lampu

Cara mengatasi insomnia secara alami selanjutnya adalah dengan mematikan cahaya. Cobalah matikan sumber cahaya dalam kamar satu jam sebelum tidur.

5.       Singkirkan gadget atau ponsel menjelang tidur

Kebiasaan ini perlu diterapkan karena ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami yang efektif. Pasalnya cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat anda susah terlelap.

Berikut di atas adalah cara sederhana yang dapat kalian coba untuk mengatasi insomnia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar