Mengenal Android Versi Terbaru | Android Q

access_time | label Berita

Mengenal Android Q

Baru – baru ini google umumkan nama dari Android terbaru yang dikenal dengan nama Android Q. Sebelumnya, android selalu memakai nama makanan ppenutup dan diatur urut berdasarkan abjad. Namun mulai saat ini, android tidak lagi memakai nama makanan penutup (dessert) untuk penamaan androidnya. Keputusan Google untuk mengubah penamaan ini sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai nama yang akan dipakai di Android Q. Seperti dikutip dari The Verge, sebenarnya ada beberapa kandidat camilan berawalan huruf Q untuk menjadi nama resmi Android Q seperti Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, Qottab, Quesito, Queijandinha, Quirks, dan Quince. Namun dengan kepastian perubahan ini, nama-nama tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk Android.

Google menambahkan banyak fitur dan kemampuan baru pada Android Q, yang tentunya akan mempermudah pekerjaan penggunanya. Beberapa diantaranya merupakan penyempurnaan dari fitur lama, dan yang lainnya merupakan fitur baru yang membuat Android Q menjadi OS yang menyenangkan. Ingin tahu apa saja fitur terbaru yang ditawarkan Android Q? Berikut rangkumannya.

1.       Live Caption

Sama seperti subtitle otomatis di YouTube, fitur Live Caption akan secara otomatis memberikan pengguna subtitle ketika sedang menikmati suatu konten media. Menariknya, ini bekerja untuk hampir setiap konten seperti lagu, rekaman audio, podcast dan panggilan video. Google menciptakan fitur ini agar Android bisa lebih mudah diakses oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki masalah pendengaran.

2.       Kontrol notifikasi yang lebih baik

Android Q menawarkan dua opsi yang berbeda yaitu Alerting dan silent, yang akan muncul ketika pengguna menekan dan menahan notifikasi. Alerting untuk membuat notifikasi memunculkan suara peringatan baru, sedangkan silent untuk membuat notifikasi tidak mengeluarkan suara peringatan atau hanya getar saja.

3.       Kontrol lokasi

Untuk pertama kalinya di Android Q, pengguna akan mendapatkan opsi akses informasi lokasi hanya ketika aplikasi digunakan. Sebelumnya, pengguna hanya diberi opsi untuk mengaktifkannya sepanjang waktu atau tidak sama sekali. Penambahan fitur ini tidak hanya mengurangi kekhawatiran  akan penyalahgunaan privasi via informasi lokasi, namun juga membantu menghemat daya tahan baterai.

4.       Pengaturan privasi baru

Sebelumnya, Android tidak memiliki cara yang jelas untuk menunjukkan jenis data atau izin apa yang diakses oleh aplikasi. Karenanya, bagian privasi khusus ini dibuat untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonaktifkan izin untuk aplikasi tertentu. Sama seperti fitur kontrol lokasi, ini jauh lebih menjaga privasi dari pengguna.

5.       Bubbles

Sama seperti fitur Chat Heads di facebook messenger, fitur bubbles di android Q juga akan menampilkan notifikasi berbentuk gelembung yang akan melayang dilayar pengguna. Untuk tahap awal, fitur ini akan tersedia untuk sejumlah aplikasi bawaan dari Google seperti Google phone dan Hangouts.

6.       QR code untuk berbagi jaringan wifi

Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat QR Code untuk jaringan wifi mereka, sehingga orang lain tidak perlu memasukkan password dan hanya perlu memindai QR Code tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan wifi, memilih jaringan yang ingin dibagikan dan menekan ikon QR Code dengan tulisan “SHARE” atau bagikan dibawahnya.

7.       Batalkan uninstall aplikasi

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa membatalkan proses uninstall aplikasi. Tombol “undo” atau batalkan ini akan berada dibawah layar ketika pengguna menghapus aplikasi, namun beberapa menit saja.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai versi Android terbaru yaitu android Q. Gunakan ponselmu dengan bijak dan sampai jumpa di artikel lainnnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/trend/arifgunawan/fitur-terbaru-android-q-perlu-tahu/full

                  https://www.liputan6.com/tekno/read/4044864/google-akhirnya-ungkap-nama-baru-android-q-apa-itu



Penulis

Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar