Logo Eventkampus

Apa saja sih Keistimewaan Kalimantan Timur, Sampai Ibu Kota Pindah Ke Daerah Itu?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Apa saja sih Keistimewaan Kalimantan Timur, Sampai Ibu Kota Pindah Ke Daerah Itu?

Presiden Joko Widodo telah memastikan Ibu Kota negara akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu daerah di Pulau Kalimantan, terdapat beberapa alasan yang sangat mendasar untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur. Kalimantan dipilih sebagai lokasi Ibu Kota baru karena berbagai alasan. Selain lahannya yang luas dan diyakini aman dari bencana, pulau tersebut dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Indonesia. Nantinya wilayah ini juga akan lebih mudah untuk ditata sesuai tujuan yang diinginkan pemerintah. Adapun konsep pembangunannya kelak adalah smart, green, dan beautiful city. Walaupun begitu, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perekonomian.

Mengenai Kota Kalimantan, kotanya memang tidak segemerlap Jakarta. Penduduknya lebih sedikit, masih banyak lahan yang kosong. Tetapi, pulau dengan sebutan Borneo ini menyimpan banyak keistimewaan yang tak dimiliki oleh pulau-pulau lain. jadi wajar  jika Ibu Kota baru akan berada di Kalimantan. Beberapa keistimewaan Kalimantan:

1. Aman dari gempa

Kalimantan adalah salah satu pulau yang aman terhadap gempa dibandingkan dengan beberapa pulau yang ada di Indonesia. Pulau tersebut berdekatan dengan lempeng gempa yang tepatnya berada di bagian selat Makassar. Oleh karena itu potensi gempa yang ada di pulau ini sangatlah kecil.

2. Pulau terbesar di dunia

Kalimantan menempati urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia. Urutan pertama didapat Greendland yang membentang dengan luas 2.166.086 km persegi, disusul Papua seluas 800.000 km persegi di urutan kedua. Sedangkan urutan ketiga yakni Kalimantan, memiliki luas mencapai 743.330 km persegi.

3. Terdiri dari banyak sungai

Kalimantan sering dijuluki ‘pulau seribu sungai’.  Mengapa? karena pulau tersebut dikelilingi oleh tiga sungai yang membentang amat luasnya. Sungai-sungai terpanjang di Kalimantan yaitu Sungai Kapuas (1143 km) di Kalimantan Barat, Indonesia, Sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah, Indonesia, Sungai Mahakam (980 km) di Kalimantan Timur, Indonesia.

4. Terdapat Infrastuktur yang sangat memadai

Di Kalimantan Timur terdapat 2 Bandara yaitu di Balikpapandan di Samarinda juga ada bandaranya, beberapa pelabuhan, serta terdapat jalan tol. Kalimantan timur berada di dalam tengah lintasan tol Samarinda-Balikpapan, ini sangat mendukung lokasi tersebut menjadi ibu kota.


 


Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar