Logo Eventkampus

Planet Terra, Olah Limbah Jadi Air Bersih untuk Pertanian

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Planet Terra, Olah Limbah Jadi Air Bersih untuk Pertanian

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya (FTP UB) berhasil meraih 3 penghargaan di Kompetisi Internasional World Invention Competition and Exhibition (WICE), pada (3/10/19-6/10/19) yang diselenggarakan oleh Segi College, Subang Jaya, Malaysia. Tiga penghargaan tersebut antara lain, Medali Emas World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2019 kategori Environmental and Biology, IYSA Special Award dari Indonesian Young Scientist Association dan Leading Innovation Award dari Association of British Inventors and Innovators.

Adalah Ahmad Raihan Darmawan, Ichi Fiaqi Hamada, Fikar Razani, Atikah Sekar Wulandari dan Xavier Adli, dan dibimbing oleh Dr. Ir. Alexander Tunggul Sutan Haji, MT, menyajikan teknologi yang dapat mengurangi limbah yang dibuang ke sungai hingga dapat digunakan kembali.

Planet Terra (Plasma Electromagnetic Water Treatment) berfungsi membersihkan air limbah domestik sehingga dapat dibuang dengan aman ke sungai. Alat ini bekerja dengan empat proses. Proses pertama, air limbah akan masuk ke filter kasar untuk menyaring material kasar yang masuk ke inlet sehingga magnet bersifat tolak-menolak untuk mendestabilisasi elektron pada air agar pembentukan flok pada proses plasma menjadi lebih mudah. Pada proses kedua air diproses oleh plasma dengan tujuan membunuh mikroba-mikroba dengan lecutan listrik yang berasal dari generator listrik 640V/5W dan plasma juga berfungsi untuk destabilisasi logam berat pada air limbah sehingga logam berat akan membentuk flok dan menjadi lebih mudah disaring.

Pada proses ketiga, air akan menuju ke proses ozonasi dengan menggunakan generator ozon untuk membunuh sisa-sisa mikroba dari proses plasma dan diproses ozonasi terdapat magnet bersifat tarik menarik menstabilkan kembali elektron pada air, dan pada proses terakhir, dilakukan filter halus untuk memfilter air agar lebih bersih. Setelah melewati 4 proses tersebut, Planet Terra menghasilkan air bersih kelas III berdasarkan Undang-Undang No. 82 Tahun 2001. Air bersih kelas III, menurut UU tersebut adalah air yang dapat digunakan untuk pembudidayaan ikan air tawar, peternakan, air untuk mengairi pertanaman, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut

Meskipun masih dalam tahap purwarupa, namun Planet Terra akan kembali ikut serta di kompetisi serupa di Taiwan, November mendatang. Adli mengungkapkan, mereka akan berpartisipasi pada lomba serupa yang akan  dilaksanakan Desember mendatang. "Kami berharap dalam waktu yang singkat ini, alat kami yang masih berupa prototype bisa  dikembangkan dan dapat meraih kejuaraan dengan membawa emas kembali", tambah Ichi. [cut/vicky]


Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Planet-Terra-Olah-Limbah-Jadi-Air-Bersih-untuk-Pertanian-23417-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Komentar