Logo Eventkampus

Manfaat Air Putih

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Air Putih

Manfaat minum air putih bagi tubuh manusia ialah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Manfaat Minum Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus. Selain itu, manfaat air putih juga memiliki fungsi beragam oleh beberapa bagian penting di dalam tubuh, yaitu:

1. Menjaga kadar cairan dalam tubuh               sehingga tubuh tidak mengalami                   gangguan pada fungsi pencernaan dan         penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal,           dan penting dalam mempertahankan             suhu tubuh yang normal.

2. Membantu meemberikan energi pada           otot dan melumasi sendi agar tetap               lentur.

3. Membantu mengendalikan asupan kalori     dimana minum air putih jauh lebih baik         dalam mencegah peningkatan berat             badan.

4. Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit         tidak terlihat kering dan berkerut.

5. Melindungi saraf tulang belakang dan           jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Ada berbagai tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari minum air putih, antara lain:

1. Biasakan minum air putih tiap waktu             makan atau saat mengonsumsi cemilan.

2. Sediakan gelas atau botol berisi air               minum di atas meja kerja atau tas yang       dibawa saat beraktivitas setiap hari.

3. Anda bisa menambahkan rasa pada air       putih agar terasa lebih enak. Salah                 satunya dengan menambahkan irisan           buah-buahan seperti pada minuman             infused water.

4. Ada beberapa ketentuan air minum yang     layak dan aman untuk diminum menurut       Kementerian Kesehatan Republik                   Indonesia, yakni air yang tidak memiliki         rasa, bau ataupun warna, tidak                       mengandung bakteri, dan tidak                       mengandung bahan kimia yang melebihi     batas yang di perbolehkan.

Jangan lupa juga memastikan air minum yang layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan. Hal ini berguna untuk menghindari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi. Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

Berapa Takaran Normal agar Tidak Kekurangan Cairan?

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan cukup mudah yakni merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya. Gejala lainnya ialah merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, disarankan mengomsumsi air putih sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter agar mendapatkan manfaat dari minum air putih.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan dapat diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka mengandung 90% air.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

TERNYATA AIR PUTIH SANGAT BERMANFAAT LO!
05 Juli 2018
Tips menghemat penggunaan air bersih di rumah
18 Juli 2018
Cara Membuat Infused Water
13 Januari 2020
8 Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur, Bagus Banget!
10 Februari 2020
Manfaat meminum air putih
27 Februari 2020

Komentar