Logo Eventkampus

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone

 Kebiasaan tidur di dekat ponsel/handphone ternyata memiliki dampak buruk bagi manusia. Hal tersebut diungkapkan oleh berbagai sumber. Apa saja dampak buruknya, berikut ini contoh nya. 

1. Sulit tidur

Peralatan-peralatan canggih seperti TV, handphone, dan tablet akan memancarkan sinar biru. Sinar biru menghambat produksi melatonin – hormon yang mengatur siklus malam dan siang atau siklus bangun dan tidur.

Ini terjadi karena sinar biru yang dipancarkan seakan dianggap seperti cahaya di siang hari yang membuat tubuh kita mengira bahwa waktu masih siang, meskipun pada nyatanya masih malam.

2. Terpanggang dan meledak

Mungkin Anda sudah sering mendengar berita dan kabar bahwa handphone meledak hingga terbakar saat menaruh handphone mereka di atas tempat tidur.

Kabar tersebut memang benar adanya. Seringkali, saat Anda mengisi ulang daya handphone, handphone akan terasa panas. Cenderung handphone tersebut ditaruh dibawah bantal maupun selimut. Ini menambah suhu menjadi lebih panas lagi dan berpotensi menyebabkan ledakan dan kebakaran.

3. Sel otak terganggu

Radiasi yang dipancarkan oleh handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Rusaknya sel-sel otak mempermudah penyakit Alzheimer dan kanker otak lebih mudah terjadi.

4. Kurangnya kemampuan konsentrasi

Handphone yang kita miliki mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Hal tersebut dapat menyebabkan aliran darah ke otot-otot Anda tidak bekerja sebaik yang seharusnya. Hal ini dapat dilihat setelah terbangun di pagi hari dengan kondisi yang tidak segar dan bugar. 

5. Resiko keguguran

Sebuah penelitian mengetes beberapa wanita hamil yang dipasangkan alat pelacak gelombang elektromagnetik selama 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keguguran wanita melahirkan yang terpapar oleh gelombang radio frekuensi.

6. Potensi penyebab kanker

Handphone yang dimiliki oleh semua orang akan memancarkan gelombang radio frekuensi (RF). Beberapa institusi mengatakan bahwa gelombang yang dipancarkan tidak berbahaya apalagi gelombang RF yang tergolong tidak berbahaya.

Meski tidak berbahaya tetap ada kemungkinan gelombang tersebut memiliki efek samping. Radiasi RF pada tingkat tinggi dapat merusak jaringan ada tubuh kita. Selain itu, gelombang RF termasuk kedalam radiasi non-ionisasi yang dapat menyebabkan efek jangka panjang.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Sering Perhatikan Hal ini ! jika Handphone Kalian Tidak Ingin Cepat Rusak
06 Februari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan
10 Februari 2020
Faktor yang Memengaruhi Bangun Tidur Badan Terasa Lelah
20 Februari 2020
Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan
21 Februari 2020
Posisi Tidur yang Benar
12 Maret 2020

Komentar