Logo Eventkampus

7 Manfaat yang Didapat Kalau Kita Rutin Membaca, Sudah Tahu?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Manfaat yang Didapat Kalau Kita Rutin Membaca, Sudah Tahu?

Membaca seringkali menjadi aktivitas yang erat kaitannya dengan hobi. Oleh karena itu, tak jarang membaca dianggap sebagai aktivitas sampingan yang hanya dilakukan saat senggang saja. Padahal, saat membaca dijadikan sebuah rutinitas, akan banyak manfaat yang dapat kita peroleh.Bukan hanya akan menambah pengetahuan, ternyata membaca juga memberi manfaat yang tidak kita duga sebelumnya. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan rutin membaca.

1. Meningkatkan konsentrasi Saat membaca

konsentrasi dan fokus kita sepenuhnya ada pada isi buku. Hal ini dikarenakan apa yang kita baca dalam buku tersebut benar-benar kita perhatikan dengan baik untuk memahami seperti apa jalan ceritanya. Di samping jadi paham isi buku, tanpa disadari kita sudah belajar untuk fokus dan berkonsentrasi pada sesuatu. Dengan membiasakan diri membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja ternyata juga dapat meningkatkan fokus terhadap pekerjaan.

2. Mempertajam daya ingat

Direktur penelitian dari Haskins Laboratories, KenPugh,Ph.D.,mengatakan bahwa membaca membuat bagian-bagian otak yang memiliki fungsi penglihatan, bahasa, dan pembelajaran asosiatif, terhubung dalam sebuah sirkuit spesial. Hal semacam ini seperti membuat otak kita berolah raga hingga akan meningkatkan daya ingat. Selain itu, dengan rutin membaca ternyata juga akan mencegah timbulnya Alzheimer’s, dementia dan penyakit lain yang berkaitan dengan otak.

3. Menambah kemampuan berpikir

AnalitisMembaca buku, seperti novel misteri, tanpa kita sadari sudah melatih otak untuk berpikir kritis dan analitis. Setiap informasi, detail fakta, dan petunjuk yang ada memancing kita untuk menganalisa jalan cerita. Kemampuan analitis semacam ini ternyata juga berguna dalam dunia kerja, lho. Saat dihadapkan dengan pekerjaan, yang notabene membutuhkan cara berpikir logis dan cepat, kemampuam menganalisa masalah tentu akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kerja.

4. Mengatasi insomnia Insomnia

seringkali menjadi masalah yang sulit diatasi bagi sebagian besar orang, bahkan mereka yang berada di usia produktif. Ternyata, membaca dapat menjadi salah satu solusi jitu untuk mengatasinya. Membaca buku sebelum tidur akan membuat pikiran lebih rileks dan tubuh akan meresponnya dengan jadi lebih mudah terlelap. Dengan rutin membaca, kita tidak lagi mengalami gangguan tidur yang berarti.

5. Mencegah stres

Stres merupakan sebuah kondisi yang dipicu akibat meningkatnya produksi hormon kortisol dalam tubuh. Biasanya orang akan melakukan beberapa aktivitas seperti mendengarkan musik, bermain video game, atau menonton film. Akan tetapi, membaca sebenarnya mlah dapat menjadi solusi paling efektif untuk menghilangkan stres. Bahkan sebuah studi di Inggris menemukan bahwa aktivitas membaca dapat menurunkan hormon stres dengan lebih baik.

6. Meningkatkan kemampuan

MenulisMembaca seringkali dikaitkan dengan peningkatan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas. Disamping itu, kemampuan dalam bahasa pun sebenarnya juga akan bertambah hingga berpengaruh langsung pada kemampuan menulis. Bukan hanya dalam hal gaya bahasa, tapi juga cara penyampaian lewat tulisan akan jadi semakin baik.

7. Belajar untuk lebih sabar dan tenang

Dalam menghadapi masalahKesabaran menjadi poin penting yang dapat dilatih lewat rutinitas membaca. Sabar saat membaca sebuah buku yang bisa saja terbagi dalam banyak bab melatih kita untuk sabar juga dalam menjalani bab-bab kehidupan. Selain itu, saat menghadapi masalah dalam hidup, kita akan jadi lebih tenang karena ilmu yang didapat dari membaca secara tidak langsung memberi wawasan tentang cara memecahkan masalah dengan lebih efektif.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Biar Kain Perca Ngga Terbuang Sia-sia, 5 Kreasi Tak Biasa Ini Bisa Kamu Coba
30 Desember 2019
Manfaat Urang Aring Tak Hanya untuk Rambut, Tapi Bisa Perpanjang Usia?
31 Desember 2019
Manfaat Belalang Goreng yang Person Diketahui
07 Februari 2020
Manfaat Minum Susu bagi Tubuh
12 Februari 2020
Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan Tubuh
10 Maret 2020
Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak
10 Maret 2020

Komentar