Logo Eventkampus

11 Cara Merawat Wajah Sehari-hari Agar Selalu Sehat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
11 Cara Merawat Wajah Sehari-hari Agar Selalu Sehat

Perawatan tentu harus dilakukan sesuai dengan jenis kulit dan permasalahannya. Tapi sebelum membangun skincare routine yang lebih kompleks, kalian harus memahami dasar-dasar cara merawat kulit.

Prinsip perawatan wajah yang kalian terapkan ini bisa menjaga kulit kalian tetap bersih, cantik dan sehat terlepas dari apapun jenis kulit kalian. Selain itu, perawatan wajah sehari-hari ini bisa mencegah masalah kulit yang menyebalkan seperti kulit kusam, berjerawat, keriput dan bintik-bintik hitam di wajah.

1. Cuci Muka dengan Benar

Mencuci muka dengan cara yang salah bisa mengakibatkan kulit kalian terlihat lebih kusam dan berminyak. Agar saat mencuci muka kalian bisa membersihkan wajah dengan optimal pastikan kalian mencuci tangan terlebih dahulu, bersihkan makeup dan sunscreen serta pakai sabun cuci muka yang lembut dan tidak membuat kulit terasa kering dan ditarik.

Setelah mencuci muka, keringkan dengan cara menepuk wajah secara lembut menggunakan handuk atau kain bersih hingga sisa air mengering. Cuci muka kalian setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Gunakan Serum

Serum wajah bisa langsung menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik. Misalnya jika kalian ingin melawan hiperpigmentasi dan bekas jerawat bisa gunakan serum vitamin C. Sedangkan untuk membuat wajah awet muda kalian bisa gunakan retinol atau retinoid.

3. Pakai Pelembab

Setelah menggunakan serum, lanjutkan dengan menggunakan pelembab. Semua jenis kulit wajib menggunakan pelembab, termasuk kulit berminyak. Pilih pelembab wajah yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

4. Jangan Lupa Sunscreen

Cara merawat wajah sehari-hari lainnya adalah gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. 15 menit sebelum keluar rumah, gunakan sunscreen minimal SPF 30. Paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan wajah cepat keriput dan muncul bintik-bintik hitam di kulit.

5. Jangan Merokok

Merokok bisa membuat kulit terlihat lebih tua dan berkeriput. Tidak hanya itu, merokok juga bisa merusak kolagen dan elastin, dua komponen yang berkontribusi terhadap kelenturan dan kekuatan kulit.

Merokok juga dapat mengecilkan pembuluh darah yang ada di lapisan luar kulit, sehingga mengurangi aliran darah dan membuat kulit terlihat pucat. Hal ini juga bisa mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

6. Jaga Level Stres

Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif hingga muncul jerawat dan masalah kulit lainnya. Hal ini terjadi karena stres meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Untuk mengatasinya, lakukan upaya manajemen stres seperti yoga, latihan pernapasan dan meditasi.

7. Jangan Sentuh Wajah dengan Tangan

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih bisa membuat kuman di tangan berpindah ke wajah. Akibatnya masalah kulit bisa menjadi lebih parah. Untuk mencegah kuman dan bakteri berpindah, selalu cuci tangan sebelum memegang wajah.

8. Jangan Pencet Jerawat

Jika wajah kalian berjerawat, jangan sekali-kali memencet untuk mengeluarkan isinya. Memencet jerawat bisa menyebabkan kotoran dan kuman dari tangan masuk lebih jauh ke dalam kulit dan bisa menyebabkan infeksi.

Jerawat yang dipencet bisa menjadi bengkak, kemerahan, luka bahkan luka bopeng. Jika wajah kalian berjerawat, rawat dengan obat jerawat atau tea tree oil.9. Rajin Ganti Sarung Bantal

Sarung bantal yang jarang diganti bisa menjadi tempat bertumpuknya kotoran dan minyak dari lingkungan sekitar. Kotoran, minyak dan keringat ini juga berasal dari rambut dan kulit kalian, dan bisa berpindah kembali ke kulit. Sebaiknya ganti atau cuci sarung bantal tiap 7-10 hari.

10. Tidur yang Cukup

Saat kalian tidur malam merupakan waktu bagi kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jika kalian kurang tidur bisa menyebabkan stres dan munculnya hormon kortisol dan adrenalin yang bisa mengakibatkan jerawat. Jadi sebisa mungkin tidur selama 7-8 jam setiap malam agar kulit tetap sehat.

11. Makan Makanan Sehat

Cara merawat wajah secara alami lainnya adalah dengan makan makanan sehat. Makan banyak buah, sayur, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Jangan lupa banyak minum air putih untuk menjaga agar kulit tidak dehidrasi.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

3 Buah-buahan yang Ampuh Mengatasi Kulit Kering
13 Januari 2020

Komentar