Logo Eventkampus

Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan tak hanya terbatas pada membuat perut kenyang. Ia mengandung lebih dari 400% kebutuhan Anda sehari-hari untuk vitamin A, serta serat dan potasium dalam satu buah ubi berukuran sedang. Ia memiliki gula alami yang lebih banyak dari kentang, namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Berbagai studi menyarankan untuk meningkatkan konsumsi ubi jalar untuk mengurangi berbagai penyakit. Mari kita lihat berbagai manfaat ubi jalar bagi kesehatan berikut ini. 

1. Diabetes

Ubi jalar memiliki skala indeks glikemik (kecepatan makanan menjadi gula darah) yang dianggap rendah, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka juga dapat menurunkan resistensi gula darah dan insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi jalar juga membuat perbedaan yang besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah. Bagi penderita diabetes tipe 2, mereka akan memiliki kemajuan dalam kadar gula darah, lipid, dan insulin. Sebuah ubi yang berukuran sedang memiliki 6 gram serat.

2. Tekanan darah

Menjaga asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya. Ubi yang berukuran sedang mengandung 542 mg kalium.

3. Kanker

Ubi jalar oranye telah terbukti memiliki sifat anti-karsinogenik. NIH juga melaporkan bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pramenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause. Namun, ubi jalar ungu mungkin lebih efektif untuk melawan kanker dibandingkan dengan ubi jalar oranye. 

4. Kekebalan tubuh dan anti-inflamasi

Satu ubi jalar mengandung sekitar setengah dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan per hari. Vitamin A dan E juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga menguatkan antioksidan untuk melawan penyakit. Sementara ubi jalar oranye mengandung lebih banyak vitamin A, ubi jalar ungu dikemas dengan antosianin antioksidan yang bertanggung jawab untuk membuat warna merah, biru, dan ungu pada buah-buahan dan sayuran.

5. Kesehatan jantung

Ubi jalar mengandung sumber vitamin B6, yang dapat menghancurkan homocysteine, zat yang memberikan kontribusi untuk pengerasan pembuluh darah dan arteri. Kandungan kalium pada ubi jalar juga bermanfaat bagi jantung Anda, karena ia dapat menurunkan tekanan darah dengan menjaga keseimbangan cairan. Kalium juga merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung Anda.

6. Penglihatan

Mengonsumsi beta-karoten untuk mengganti kekurangan vitamin A dapat memperbaiki penglihatan. Selain itu, vitamin antioksidan C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips menjadi tubuh ideal dan sehat
04 Januari 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
09 Januari 2020
Manfaat Daun Mint
23 Januari 2020
Khasiat tumbuhan putri malu
29 Januari 2020
Apakah Wanita bisa Hamil ketika Berenang dengan Pria
25 Februari 2020

Komentar