Manfaat Daging Keong bagi Kesehatan

access_time | label Tips & Trik
Manfaat Daging Keong bagi Kesehatan

Manfaat Daging Keong bagi Kesehatan

Keong adalah hewan yang bercangakang  dan tak bertulang belakang dengan nama latin Pila ampullacea adalah jenis siput air yang banyak dijumpai di air tawar  di asia teropis seperti halnya di sawah, aliran parit, dan danau. Keong  ini juga dikenal sebagai siput sawah, siput air, tutut, dan keong gondang. Keong terhilat mirip dengan bekicot, tapi hanya saja keong ini lebih banyak terdapat di daerah yang berair sedangkan bekicot itu lebih banyak hidup dan berkembang di daratan.

Manfaat dari daging keong

Berikut ini adalah manfaat dari daging keong , diantaranya:

1.      Kolesterol terkendali dengan mengkonsumsi daging keong

 

Manfaat dari daging keong  yaitu mampu menjadi pengontrol kolesterol jahat karena adanya kandungan dari omega 9. Selain itu, omega 9ini  juga mendukung fungsi kekebalan pada tubuh dan baik untuk kecantikan.

 

2.      Ambien? Obat aja cara konsumsi daging keong

 

Dari masyarakat tradisional dibeberapa daerah di Indonesia telah lama menggunakan keong sebagai obat untuk mengatasi penyakit ambien. Daging keong ini dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dijadikan sate atau pun digoreng. Konsumsilah secara rutin ternyata mampu untuk mengurangi penyakit ambien/wasir.

 

3.      Obat antiseptik

 

Dari masyarakat tradisional yang banyak memanfaatkan keong sebagai obat antiseptik yang mudah diperoleh ketika berada dialam bebas seperti halnya di sawah. Keong ini digunakan sebagai antiseptik dengan cara memotong ujung cangkang dan kemudian lendir yang keluar itu dioleskan ke luka sehingga luka akan cepat kering dan tidak terinfeksi.

 

4.      Mengobati  jerawat

 

Ternyata, keong ini juga bisa digunakan sebagai obat jerawat! Lendirnya juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang. Negara maju ini telah banyak memproses lendir keong dengan teknologi canggih dan dijadikan sebagai bahan dasar untuk produk pada kecantikan. Selain itu, lendir keong ini juga mampu membantu regenerasi pada kulit dan menggurangi kerutan pada wajah.

 

5.      Makanan ringan yang enak di makan namun sehat

 

Keong ini dapat dimanfaarkan sebagai sumber pangan yang enak dan murah namun memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan pada tubuh kita. Keong bisa juga dijadikan sebagai sup, sate, bahkan lauk pauk. Selain untuk manusia, keong juga memiliki manfaat lain.

 

Peringatan!

Meskipun manfaat dari daging keong ini cukup banyak, namun pengolahan daging keong harus dilakukan dengan cara yang benar. Beberapa penelitian ini telah menunjukkan bahwa  keong dapat berperan sebagai perantara cacing Trematoda pada manusia. Secara kasat mata kita tidak bisa membedakan keong mana yang telah terinfeksi cacing usus itu dan mana yang tidak terinfeksi. Oleh karena itu, kita disarankan untuk melakukan perebusan sebelum diolahnya. Penelitian ini  menunjukkan bahwa larva pada cacing usus akan mati jika direbus selama 20 menit menggunakan api besar, 39 menit menggunakan api sedang, dan 62 menit menggunakan api kecil itulah cara merebusnya.

Semoga bermanfaat

Sumber: https://manfaat.co.id/14-manfaat-daging-keong-bagi-kesehatan

Penulis

foto istiqomah
istiqomah

Share

Komentar