Manfaat Tanaman Landep

access_time | label Tips & Trik
Manfaat Tanaman Landep
Manfaat Tanaman Landep
Tanaman landep merupakan tanaman yang hidup di area ladang, tepi hutan, dan juga ditanam di depan rumah. Nama latin tanaman landep adalah Barleria Prionitis L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman landep mempunyai nama porcupine flower. Menurut sejarah tanaman landep ini berasal dari daerah Asia Tropik dan Afrika Selatan. Tanaman landep  mempunyai daun yang agak kecil dengan bunga yang berwarna kuning. Berikut beberapa manfaat tanaman landep :
1. Dapat membantu mengatasi busung lapar
Busung lapar terjadi karena tubuh kekurangan protein akut dan biasanya terjadi pada anak anak karena kekurangan gizi. Daun landep dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi busung lapar secara alami 
2. Dapat membantu mengobati luka luar
Daun landep dapat membantu mengobati dan mempercepat proses penyembuhan luka luar karena terkena benda tajam, terkena panas, melepuh dan juga luka karena terjatuh. Caranya haluskan beberapa helai daun landep kemudian campur dengan kapur sirih secukupnya dan langsung tempelkan pada luka hingga sembuh.
3. Dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit
Daun landep dapat membantu mengatasi penyakit kurap, panu dan juga kudis yang tidak hanya mengganggu kesehatan namun juga mengurangi rasa percaya diri seseorang. Caranya haluskan daun landep kemudian tambahkan dengan perasan air jeruk nipis kemudian oleskan pada kulit yang terkena secara teratur hingga sembuh.
4. Dapat membantu menyembuhkan sakit gigi
Sakit gigi dapat disembuhkan dengan daun landep. Caranya kunyah daun landep yang sudah dicuci bersih. Sesudah dikunyah, segera buang daun landep tersebut dan jangan ditelan yang dilakukan beberapa kali sampai sakit gigi bisa disembuhkan.
5. Dapat membantu menyembuhkan sakit pinggang
Daun landep dapat membantu mengurangi sakit pinggang dan membantu mempercepat penyembuhannya. Caranya siapkan 1 genggam daun landep kemudian cuci hingga bersih. Haluskan daun landep kemudian tambahkan dengan air kapur sirih secukupnya dan aduk hingga rata serta mengental. Oleskan pada area tubuh yang sakit secara teratur.
6. Dapat membantu mengatasi sakit perut
Sakit perut atau gastro oesophageal reflux adalah rasa sakit dan nyeri yang terjadi di bagian perut dengan gejala umum seperti perut membesar sehingga mengurangi ruang bebas didalam perut. Daun landep bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut. caranya seduh 1 genggam daun landep dengan 1 gelas air mendidih kemudian diamkan hingga dingin dan saring yang diminum secara sekaligus satu kali sehari.
7. Dapat membantu menyembuhkan demam
Daun landep berguna untuk menurunkan demam dan juga meningkatkan sistem kekebalan sehingga demam bisa lebih cepat diturunkan.

Penulis

foto Nandita
Nandita

Share

Komentar