Manfaat Daun Suruhan

access_time | label Tips & Trik
Manfaat Daun Suruhan

Manfaat Daun Suruhan

Suruhan adalah jenis tanaman yang biasa tumbuh secara liar di pekarangan atau di tepi saluran yang mempunyai suhu lembap. Sudah sejak lama jenis tanaman yang satu ini dikenal. Umumnya, tanaman ini dianggap sebagai salah satu rumput liar yang menjadi hama saja.

1. Dapat membantu membunuh bakteri

Daun suruhan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri serta kuman sehingga tubuh akan terlindungi dari infeksi serta penyakit menular ringan sampai yang berbahaya.daun suruhan memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri di dalam tubuh.

2. Dapat membantu mengatasi sakit menstruasi

Nyeri serta kram pada saat haid atau menstruasi dapat dihilangkan dengan daun suruh tanpa menimbulkan efek samping.

3. Sebagai anti inflamasi

Daun suruhan dapat membantu menyembuhkan dan mencegah  radang.

4. Dapat membantu mengobati sakit perut

Daun suruh memiliki kandungan alami yang dapat membantu mengatasi sakit perut dan juga membunuh bakteri penyebab sakit perut. Caranya : Siapkan 1 genggam daun suruhan segar dan cuci sampai bersih. Haluskan daun suruhan tersebut lalu peras sarinya dan minum sari daun suruhan tersebut.

5. Dapat membantu mengobati sakit kepala

Daun suruhan dapat menghilangkan sakit kepala, dengan cara meminum air rebusan daun suruhan secara rutin sampai sakit kepala bisa sembuh total.

6. Dapat membantu mengatasi nyeri

Nyeri pada persendian dapat diatasi dengan mudah yakni memanfaatkan daun suruhan sebagai pengobatan alami.

7. Dapat membantu mengobati pegal linu

Daun suruhan dapat memberikan energi sekaligus membangkitkan stamina dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

8. Dapat membantu mengobati asam urat

Asam utat dapat diatasi dengan daun suruhankarena daun suruhan mengandung ekstrak etanol. Caranya dengan merebus daun suruhan dan minum air rebusan tersebut setiap hari sampai asam urat bisa hilang sekaligus mencegah kambuhnya asam urat kembali. Cuci bersih 5 gram daun suruhan segar lalu rebus dengan 2 gelas air. Rebus dengan api yang kecil sampai tersisa 1 gelas saja. Dinginkan dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari secara teratur.

Penulis

foto Nandita
Nandita

Share

Komentar