Logo Eventkampus

Ingin Tau Manfaat Mendaki Gunung

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ingin Tau Manfaat Mendaki Gunung

Kegiatan mendaki gunung bukan hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam semata. Selain untuk menikmati pemandangan alam, mendaki juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut merupakan 10 manfaat mendaki gunung bagi kesehatan tubuh kita.

  • Meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru
Manfaat kesehatan dari mendaki gunung yang pertama adalah dapat meningkatkan kapasitas kerja dari jantung dan paru-paru. Dengan kata lain, mendaki gunung dapat memperkuat jantung dan paru-paru kita. Hal ini disebabkan oleh kegiatan mendaki gunung yang membutuhkan tenaga besar. Dengan meningkatnya kapasitas kerja dari organ tersebut, Kamu akan memperkecil resiko serangan jantung dan stroke, mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah, serta terhindar dari berbagai penyakit.
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
Manfaat mendaki gunung juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Dengan mendaki, kamu pasti membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih. Sehingga dengan seringnya melakukan pendakian, daya tahan tubuh dan stamina kamu akan tetap terjaga.
  • Memperkuat otot-otot kaki
Tak dapat dipungkiri kegiatan mendaki yang kamu lakukan secara rutin, pastinya akan memperkuat otot kaki. Dan juga dapat berpengaruh pada kekuatan tulang-tulangmu. Sehingga mampu memperkecil resiko terkena osteoporosis.
  • Sebagai media olahraga
Manfaat mendaki gunung bagi tubuh juga sebagai salah satu kegiatan untuk olahraga, terutama bagi mereka yang senang dengan kegiatan-kegiatan di alam. Biasanya kegiatan olahraganya berupa berlari naik turun gunung.
  • Mendekatkan diri pada alam
Kegiatan mendaki biasanya dikaitkan dengan mendaki gunung. Biasanya, gunung memiliki ekosistem dan lingkungan yang masih alami dan indah. Sehingga bagi kamu yang sedang mencari ketenangan dalam suasana alam, kegiatan mendaki sangatlah cocok untukmu!.
  • Memberikan pengalaman baru
Mendaki juga memberikan pengalaman baru bagi kamu. Baik itu secara fisik, maupun secara spiritual. Saat mendaki, mungkin kamu akan bertemu banyak hal yang tidak terduga. Dan yang pastinya akan menambah pengalaman kamu.
  • Menambah relasi dengan orang lain
Biasanya kegiatan mendaki tidak dilakukan sendirian. Dan apabila melakukannya sendirian, biasanya di tengah perjalanan Kamu akan bertemu dengan pendaki lainnya ketika sedang beristirahat. Hal ini lah yang akan membantumu dalam menambah relasi dengan orang baru ketika mendaki.
  • Menurunkan berat badan

Tentu saja!, manfaat mendaki gunung bagi kesehatan dapat menjadi salah satu metode paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kalori yang terbakar ketika kamu melakukan kegiatan pendakian sangatlah banyak.
  • Menambah ilmu pengetahuan
Dengan mendaki, kamu akan belajar mengenal alam. Melalui tanda-tanda alam yang muncul seperti, arah angin, arah matahari, jejak binatang, dan masih banyak yang lain. Dengan ini, maka ilmu pengetahuan yang kamu miliki akan semakin bertambah dan dapat anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Belajar hidup secara mandiri
dan yang terakhir adalah belajar hidup secara mandiri. Dengan mendaki, itu berarti kita hanya akan mengandalkan perbekalan, insting, dan juga kondisi alam sekitar kita untuk bertahan hidup. Terutama ketika kita mendaki daerah-daerah yang cukup ekstrim. Maka dari itu, manfaat dari mendaki gunung dapat mengajarkan kita untuk belajar hidup mandiri dan bertahan tanpa bantuan teknologi canggih.

 

Penulis

foto Isnan Wahyudi
Isnan Wahyudi
SMK Negeri 2 Karanganyar
Berusaha yang terbaik

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar