BAHAN ALAMI UNTUK MERAWAT KULIT KEPALA

access_time | label Tips & Trik

BAHAN ALAMI UNTUK MERAWAT KULIT KEPALA

Kulit kepala yang sehat tentunya adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat tentunya kita harus merawatnya, cara untuk merawat kulit kepala agar terhindar dari ketombe dan rambut rontokpun sangat banyak. Sekarangpun banyak sekali jenis shampo untuk mengatasi masalah pada  kulit kepala. Tapi terkadang ada kulit kepala sensitif yang tidak cocok dengan jenis shampo, nah untuk itu kita bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah pada kulit kepala.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit kepala:

1.     Minyak kemiri

Kandungan yang terdapat dalam kemiri sangatlah banyak, seperti protein, karbohidrat,mineral dan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B9 (float). Tidak hanya itu kemiri juga mengandung beberapa zat bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.

 

Cara membuat minyak kemiripun cukup mudah tetapi agak menyita waktu. Kita dapat merebus, memanggang atau menyangrai biji kemiri hingga keluar minyaknya. Walaupun kita bisa membeli minyak kemiri disuper market atau toko-toko tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri dirumah. Untuk menghindari minyak kemiri itu palsu.

 

Manfaat yang dapat diperoleh dari minyak kemiri antara lain adalah mengatas masalah kerontokan, menumbuhkan rambut, menghilangakan ketombe, menebalkan dan menyuburkan rambut, membuat rambut tampak lebih hitam, menjaga kelembapan rambut, menjaga kelembapan rambut, membuat rambut lembut dan halus, memanjangkan rambut dengan cepat, membantu meluruskan rambut, merawat rambut agar sehat dan indah.

 

2.     Lidah buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan, selain sebagai tanaman hias ternyata lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatai masalh pada kulit kepala, kandungan vitamin, asam amino esensial, mineral tembaga dan zink yang sangat berperan untuk pertumbuhan rambut.

 

Berikut cara mengaplikasikan lidah buaya pada kulit kepala atau rambut:

1)    Potong daun dari tanaman lidah buaya

2)    Belah lidah buaya dan ambil gel dalam lidah buaya menggunakan sendok

3)    Campur gel dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Aduk hingga merata

4)    Pastikan kulit kepala anda bersih

5)    Kemudian gosokan gel ke kulit kepala

6)    Biarkan gel lidah buaya menempel hingga satu jam

7)    Ulangi proses ini hingga 2 – 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal

 

3.     Teh hijau

Selain untuk kesehatan kulit tubuh ternyata teh hijau juga dapat mengatasi masalah pada kulit kepala. Nustrisi yang terdapat dalam teh hijau mampu membantu pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut bersinar alami.

 

Kita dapat mengaplikasikan teh hijau kekulit kepala dengan cara

1)    Seduh teh hijau celup atau 1 sendok teh hijau bubuk dengan satu gelas air panas.

2)    Kemudian tunggu seduhan teh hijau hingga hangat

3)    Tuangkan pada kulit kepala dan rambut.

4)     Lakukan pemijatan ringan selama 2-5 menit.

5)    Kemudian bungkus rambut denagn handuk atau shower cap.

6)    Diamkan selama 30 menit

7)    Kemudian bilas dengan air hangat

 

Nah sebenarnya untuk menjaga kulit kepala agar tetap sehat dan menjaga kekuatan rambut kita juga bisa melakuakan hal hal sederhana seperti memotong ujung rambut yang rusak, menggunakan sampo pada area kulit saja, keramas seperlunya (hindari keramas setiap hari, karena keramas secara berlebihan dapat membuat kekuatan rambut menjadi berkurang dan akibatnya rambut mudah rontok), menggunakan kondisioner, memakai masker rambut, pemijatan ringan untuk kulit kepala, mengkonsumsi nutrisi yang baik.

 

 

 

 

 

 

Penulis

Rina Robbiulana Fathonah

Komentar