Cara Mengatasi dan mencegah bibir pecah pecah (kering)

access_time | label Tips & Trik

Cara Mengatasi dan mencegah bibir pecah pecah (kering)

Bibir merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia. Bagi banyak wanita hampir semua wanita pasti menjaga ke sehatan bibirnya , hal yang paling sering di lakukan yaitu mengobatinya dengan bahan bahan kimia agar terlihat lebih sehat, namuh hal tersebut salah karena dapat menyebabkan  permukaan bibir menjadi hitam hingga pecah pecah. Bibir kering dan pecah pecah merupakan kondisi umum yang terjadi biasanya di sebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan air ( dehidrasi ), terlalu banyak menjilat bibir, meminum banyak alcohol, bernafas menggunakan mulut,  memakan makanan yang terlalu pedas dan asin dan lain lainya .

Berikut adalah cara mengatasi bibir kering :

1.       Memakan sayur sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung vitamin C.

Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi kekeringan pada kulit tubuh salah satunya bibir. Buah buah dan syuran tersebur salah seperti tomat, jeruk, manga dan lain lainya .

2.       Mengolesi bibir dengan jeruk nipis

Oleskan ketika bibir sedang dalam keadaan bersih tanpa make up, oleskan perasan jeruk nipis dan tunggu hingga kering, lalu lap menggunakan tissue.

3.       Mengoleskan madu pada permukaan bibir

Madu, madu merupakan salah satu cairan yang dapat melembabkan dan mengatasi pecah pecah pada permukaan bibir. Hal ini di sebabkan madu mengandung banyak zat zat yang di percaya dapat membantu melembabkan kulit.

4.       Masker gula pasir

Gula pasir juga dapat di percaya dapat melembabkan bibir dengan cara di buat masker bibir bersamaan dengan madu atau jeruk lemon, cara membuatnya seperti ini : ambil gula pasir secukupnya campurkan gula dengan madu atau perasan jeruk lemon kemudian oleskan pada bibir tunggu hingga 10 – 15 menit kemudian bilas, bibir yang pecah pecah dan kehitaman akan menjadi lembab dan kemerah merahan.

 Cara mencegah bibir pecah pecah :

Ketika bibir mulai kehilangan kelembabannya bibir akan menjadi pecah pecah atau mengelupas pada bagian luarnya. Hal ini bias di sebabkan karena paparan sinar matahari, angina, ataupun udara dingin. Karena bibir berbrdan dengan kulit lainya , bibir tidak memiliki lapisan pigmen yang melindungi kulit dari sinar matahari sehingga bibir rentan terkena sinar matahari.

1)      Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir justru akan membuat kulit bibir anda menjadi lebih kering , maka dari itu kurangi menjilat bibir mulai dari sekarang.

2)      Linduni bibir anda dari paparan sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu panas membuat bibir anda menjadi kering .Hal ini akan membat kering bibir anda menjadi lebih parah.

3)      Jauhi produk produk kecantikan anda dari bibir .

Jauhakn produk kecantikan seperti skin care , bedak dan lain lainnya dari bibir karena hal ini dapat merusak kulit bibir.

4)      Pilih lipstik yang cocok

Gunakan produk produk untuk bibir anda yang sudah terjamin dari segi hal apapun, atau anda bias menggunakan produk produk alami , ketika malam hari anda juga bias  menggunakan lip blam untuk menjaga kelelbaban bibir anda.

5)      Minum air yang banyak

Jika anda kekurangan cairan pada tubuh kulit anda akan menjadi kering , hal inijuga terjadi pada bibir .

 Demikian Cara Mengatasi dan mencegah bibir pecah pecah (kering) , semoga  bermanfaat dan dapat membantu anda menjadi lebih percaya diri. Jangan lupa baca artikel artikel lainnya , semoga bermanfaat yaaa

 

 

 

 

 

 

Penulis

Nunik.Dws
SMK N Matesih

Komentar