Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

access_time | label Tips & Trik

Sejak dulu lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mengandung banyak khasiat terutama untuk kulit dan rambut.Lidah buaya mengandung protein,lemak,karbohidrat,kalsium,fosfor,zat besi,vitamin A,B1 dan C.Lidah buaya biasanya dipakai untuk berbagai bahan produk kecantikan dan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

1.Melembabkan kulit

Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang mampu mempertahankan kelembaban kulit.

2.Membantu menurunkan berat badan

Lidah buaya juga sangat membantu proses detoksifikasi,maka secara langsung juga dapat membantu proses metabolisme tubuh meningkat sehingga tidak ada timbunan lemak ddalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

3.Mempercepat menyembuhkan luka

kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit.

4.Meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh sehingga kekebalan tubuh akan meningkat.

5.Membantu menghaluskan kulit

Lidah buaya dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati  untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

6.Membantu meredakan radang dan gatal

Dibagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat anti radang dan anti mikroba yang berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat,iritasi akibat terpapar sinar matahari dan  psoriasis.

Namun perlu diingat,tidak semua orang cocok dengan lidah buaya.Jika setelah diolesi lidah buaya muncul ruam,kemerahan,gatal atau perih pada kulit,kemungkinan mengalami alergi atau iritasi.Segera bilas dan hentikan penggunaan lidah buaya .


Penulis

Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar