Fakta Menarik Tentang Ikan Dewa

access_time | label Lainnya

Jika kalian berkunjung ke Kuningan, pasti kalian tahu cerita tentang adanya ikan dewa disebuah kolam yang tidak asing ditelinga. Kabar adanya ikan dikolam tersebut adalah jelman prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena memberontak. Yang telah menajdi mitos di Jawa Barat sejak dulu. Ikan dewa banyak diburu warga Tionghoa menjelang Imlek lho! Harganya pun cukup fantastis. Ikan dengan nama lokal tambra atau lempon ini banyak dikonsumsi pada saat perayaan Imlek. hewan itu ini juga  kerap menjadi hiasan di dalam akuarium karena memiliki bentuk yang indah nih! Dan beberapa kalangan menganggap binatang tersebut  sakral.

Dan kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik ikan dewa nih teman – teman! Dan berikut beberapa  fakta seputar ikan dewa yang menarik untuk disimak : 

1.      Menggambarkan sekelompok orang  yang sedang membawa hasil tangkapan ikan. Dan daging ikannya dikenal sangat empuk.

2.      Kepala ikan dewa  mirip ikan Mas, tapi badannya Seperti ikan Arwana.

3.      Ikan dewa memiliki nama ilmiah Tor douronensis.

4.      Ikan dewa memiliki badan yang besar, memiliki panjang sekitar 60 cm dan memiliki sisik besar.

5.      Kolam ikan ini selalu Bersih dan Tidak Amis.

6.      Ikan ini juga jinak pada manusia.

7.      Uniknya lagi, ikan yang satu ini menyukai buah apel merah lho! Selai itu Ikan ini juga menyukai  jagung layaknya manusia.

8.      Ketika air di dalam kolam hilang, maka ikan dewa juga akan hilang yang entah ke mana (Ikut menghilang jika Air Hilang) tapi, ketika kolam sudah terisi air, ikan-ikan tersebut akan muncul kembali, lho!

Selain itu, ikan dewa juga dikeramatkan di beberapa daerah lho! Seperti Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Mengapa begitu karena ikan ini langka jadi disakralkan. Eitss... tapi jangan khawatir kalian bisa memegang atau berenang bersama ikan dewa nih.  Kalian bisa menjumpai ikan ini di Pemandian Cibulan, Jawa Barat ya!

Itulah beberapa info tentang ikan dewa yang bisa kalian ketahui nih!

Tags

Penulis

Leny oktavya

Artikel Terkait

Komentar