Logo Eventkampus

Mitos/fakta Pohon Pisang

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mitos/fakta Pohon Pisang

 

 

Pohon pisang yang dipercaya sebagai jembatan utama sudah ditutup, otomatis hantu atau jin akan menampakkan diri dengan cepat! Pohon yang biasa identik dengan hantu atau dipercaya ditinggali oleh hantu biasanya adalah pohon-pohon besar seperti pohon beringin atau pohon sukun. Akan tetapi beda dengan hantu di Thailand yang satu ini. Ia adalah Nang Tani, atau biasa disebut sebagai Nang Phrai Tani adalah hantu asal Thailand yang dipercaya menunggu pohon pisang.

Nang Tani digambarkan sebagai sosok wanita yang menggunakan pakaian tradisional Thailand berwarna hijau. Hantu ini diceritakan tak sering menampakkan diri kecuali pada saat bulan penuh/purnama.

Ketika Nang Tani menampakkan diri, Ia biasanya berdiri di sebelah pohon pisang, tapi kakinya tak menginjak tanah. Diyakini hantu ini tak suka mengganggu warga. Walau demikian, Nang Tani dikenal bisa mencelakai lelaki, apalagi bila lelaki tersebut pernah melakukan kejahatan pada wanita.

Tak seperti hantu yang menyeramkan, sosok Nang Tani dikabarkan sebagai hantu yang baik. Kadang-kadang mereka akan muncul untuk memberi makan pada biksu yang tengah dalam perjalanan. Walau demikian, menebang pohon pisang yang dihuni oleh Nang Tani dipercaya bisa menyebabkan nasib buruk sang penebang.

Oleh sebab kepercayaan pada Nang Tani ini, tak sedikit masyarakat Thailand yang menolak menanam pohon pisang di sekitar rumah mereka.  Mereka lebih memilih untuk menanam pohon pisang di tempat yang agak jauh dari pemukiman warga.  Untuk masyarakat Thailand yang notabene memiliki kepercayaan untuk hidup bersama dengan makhluk halus/gaib, mereka juga suka memberikan persembahan berupa manisan atau bunga pada pohon pisang yang dipercaya dihuni oleh Nang Tani.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

ANEH, MANUSIA BISA TERBAKAR DAN MEMBAKAR SECARA MISTERIUS
14 Februari 2018
Misteri Gunung Lawu yg Angker
20 Februari 2018
MITOS POHON BERINGIN
12 Juli 2018
MITOS/FAKTA AKAR MIMANG
12 Juli 2018
Fakta Menarik Tentang Ikan Dewa
22 Januari 2020
Fakta Tentang Nadim Makarim
23 Januari 2020

Komentar