foto UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA
UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA

Fakultas Ilmu Komputer DUTA BANGSA SURAKARTA
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Fakultas Ilmu Komputer) Duta Bangsa Surakarta didirikan oleh Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa merupakan perguruan tinggi yang dikembangkan dari lembaga pendidikan komputer AKSMI Kusuma Bangsa. AKSMI Kusuma Bangsa berdiri sejak tahun 1995 dengan tujuan menyiapkan tenaga terampil diberbagai bidang, khususnya bidang komputer. Mengingat tuntutan jaman yang semakin kompetitif maka pada tahun 1998 berkerja sama dengan AMIK Harapan Bangsa mendidik tenaga profesional di bidang komputer dengan membuka D3-Manajemen Informatika. Sejak tahun 2002 Yayasan telah mempersiapkan diri untuk mendirikan Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa. Ijin Pertimbangan dari Dirjen Dikti telah turun pada tanggal 21 Juli 2003, sedangkan SK Mendiknas No. 24/D/O/2004 turun pada tanggal 19 Februari 2004. Sekarang ini Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa telah mengelola Program Studi S1-Sistem Informasi, D3-Manajemen Informatika S1-Teknik Informatika dan D3-Teknik Komputer.

Visi
Visi Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta adalah 'Menjadi Sekolah Tinggi Komputer Unggulan Tingkat Global pada tahun 2027'.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan professional di bidang komputer untuk Menjadi Sekolah Tinggi Komputer unggulan di tingkat global.
2. Menghasilkan penelitian unggulan di bidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat lokal, nasional, dan global.
3. Menjadi pusat rujukan dan konsultasi di bidang teknologi informasi untuk masyarakat indonesia dan masyarakat internasional.
4. Menjadi mitra dunia usaha dan industri dalam rangka penempatan alumni dan pengembangan Teknologi Informasi.
Tujuan Pendidikan
Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan pendidikan Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa Surakarta yang ingin dicapai dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah sebagai berikut:
1. Menghasilkan tenaga ahli di bidang informatika yang berkualitas , memiliki kecerdasan dan ketrampilan, mampu mengikuti perkembangan zaman dan mampu mengabdikan ilmu dan ketrampilan untuk dirinya sendiri, bangsa dan negara
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa profesionalisme di bidangnya dapat bekerja sama secara mandiri dan secara bersama-sama mampu menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan daya saing yang tinggi di bidang yang digelutinya.
3. Menyelenggarakan pendidikan informatika yang siap pakai berwawasan ke depan, menghasilkan lulusan yang berdisiplin, berbudi pekerti luhur dan memiliki rasa cinta kepada tanah air
4. Menghasilkan penelitian unggulan yang dapat didayagunakan bagi kepentingan masyarakat.
5. Menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha dibidang informatika yang mampu bersaing secara global.

Peta Lokasi UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA