Lakukan Hal ini! Agar Tidak Gampang Sakit Dimusim Penghujan

access_time | label Tips & Trik

Saat ini kita sedang memasuki musim hujan. Kata Opah "Hujan merupakan anugerah luar biasa dari Allah SWT yang patut kita syukuri bersama."

Tapi dimusim penghujan ini juga dapat menimbulkan beberapa masalah sperti : Banjir, demam berdarah, demam, pilek dan sebagainya.

Karena saat musim hujan udara yang tinggi membuat penyebaran kuman melalui udara, misalnya virus influenza, menjadi lebih mudah. Hewan perantara penyakit, seperti nyamuk, juga menjadi lebih mudah berkembang biak

Supaya tidak gampang terkena penyakit berikut hal-hal yang perlu dilakukan saat musim hujan agar tidak terkena penyakit.

1. Konsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan tubuh

Makanan yang harus dikonsumsi contohnya sayur-sayuran dan buah, seperti apel, anggur, jeruk, mangga, kurma, brokoli, bawang putih, jahe, tomat, dan ubi. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu membersihkan radikal bebas penurun fungsi kekebalan tubuh.

2. Olahraga Teratur

Saat musim hujan datang kebanyakan orang akan malas melakukan aktivitas yang dapat melelahkan tubuh seperti olahraga, padahal kegiatan fisik dapat menyehatkan bagi tubuh. Contoh olahraga yang cocok saat musim hujan datang, seperti lari ditempat, skiping, yoga, push up, dan lain-lain.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dapat mengurangi risiko menderita penyakit menular, seperti diare, batuk, dan flu.

Cara memelihara kebersihan diri sebenarnya tidak sulit, contohnya rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, serta membuang sampah pada tempatnya.

4. Menghindari Gigitan Nyamuk

Saat musim hujan, nyamuk lebih mudah berkembang biak. Hal ini menyebabkan risiko terkena demam berdarah menjadi lebih tinggi. Lakukanlah gerakan 3M guna mencegah gigitan nyamuk, yaitu menutup tempat penampungan air, menguras bak air dengan rutin, serta mengubur benda-benda yang dapat menampung air, seperti kaleng dan ember bekas

Anda juga bisa menggunakan losion antinyamuk ketika beraktivitas di luar rumah, dan tidur menggunakan kelambu, sebagai perlindungan ekstra. Selain itu, hindari menggantung baju di dalam kamar, agar tidak jadi tempat persembunyian nyamuk.

Itulah kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesahatan pada saat musim hujan datang.

Jaga Kesehatan Anda Selalu :)

Penulis

Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Komentar