Mudah Dijumpai, 6 Rumput Liar ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Tersembunyi

access_time | label Berita

Mudah Dijumpai, 6 Rumput Liar ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Tersembunyi

Rumput liar atau Gulma merupakan jenis tanaman yang dianggap menggagu dan kehadirannya sangat tidak diinginkan. Gulma bisa tumbuh sesuka hati tanpa harus perawatan khusus agar bisa tumbuh.

Saking menggagunya, banyak orang yang tanpa pikir panjang langsung membasmi Gulma. Namun jika anda mau berpikir kembali, tentunya semua mahluk ciptaan Tuhan diciptakan untuk memberi manfaat kepada sesama.

Sama halnya dengan 7 rumput liar berikut ini yang ternyata memiliki manfaat tersembunyi di dalamnya. Apa saja ya?

1. Rumput Paragis

Rumput yang sering kita cabut ini ternyata memiliki segudang manfaat. tanaman paragis ini bisa menyembuhkan beragam penyakit seperti kanker, kista ovarium dan mioma.

Antioksidan paragis mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh sedangkan kista ovarium sendiri dapat diobati dengan teh paragis.

Rumput ini sendiri memiliki senyawa silikon monoksida, kalsium oksida, dan klorin.

 Senyawa di atas dikenal memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, antidiabetik, antihistamin, doauretik alami, dan sifat sitotoksik.

2. Krokot

Siapa sangka tanaman ini bisa di makan dan memiliki cita rasa sedikit masam. Krokot memiliki kandungan antioksidan dan vitamin penting. Kandungan diantaranya mengandung enam kali vitamin E lebih banyak dari bayam dan tujuh kali lebih banya Beta Carotene dibanding wortel. Mengandung sejumlah besar vitamin C, magnesium, riboflavin, potassium dan bahkan fosfor.

3. Pagagan

Tanaman selanjutnya memiliki kandunganzat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer. Kandungan di atas sangat baik meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan untuk menurunkan gejala stres dan depresi.

Jadi kalau stress tinggi, ngemil rumput ini saja guys.

4. Rumput Mutiara

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Seluruh bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

Selain itu, rumput ini juga bisa untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka infeksi.

5. Cakar Ayam

Daun Cakar ayam memiliki segudang manfaat yang perlu kalian ketahui. Mulai dari mengobati kanker paru, mengobati bronkitis, mengatasi radang paru, tonsilis, mengobati batuk, mengatasi korengan, obat perut busung, obat infeksi saluran kencing hingga obat rheumatik.

6. Rumput Teki

Rumput Teki, tanaman yang makin terkenal berkat lau "Suket Teki" ini mudah ditemukan di area persawahan. Perlu diketahui, bagian Rumput Teki yang bisa dimanfaatkan adalah bagian umbinya.

Manfaat dan khasiat umbi rumput teki adalah untuk mengobati kencing batu, memperbaiki siklus menstruasi, menyembuhkan berbagai penyakit kulit, mempercepat proses pembekuan darah, memperlancar buang air besar, merangsang produksi ASI, menurunkan demam, sebagai anti nyamuk dan mengobati keputihan.

Bagaimana menurut kalian guys?

Tags

Penulis

Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Komentar