Logo Eventkampus

Macam Macam cara Merawat Rambut

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Macam Macam cara Merawat Rambut

Macam Macam cara Merawat Rambut

Cara merawat rambut agar lurus

  1. Rajin hair mask. Bahan alami kaya pelembap seperti madu, yogurt, pepaya, pisang, dan minyak kelapa akan menjadikan rambut lembap dan lebih lurus.
  2. Jangan sering diikat atau digelung. Ikatan karet akan membuat rambut bergelombang.
  3. Pakai vitamin rambut. Selain melemaskan rambut, minyak vitamin juga menjadikan rambut tampak lebih lurus.
  4. Bilasan santan & jeruk nipis. Bilas rambut yang sudah dikeramas dengan santan sebagai pengganti kondisioner.
  5. Sisir & keringkan dengan hair dryer. Agar rambut terlihat lebih lurus dan rapi, keringkan dengan hair dryer. Selagi rambut dikeringkan, sisir terus-menerus sampai benar-benar kering.

Cara merawat rambut rontok dan berketombe

  1. Pijat dengan minyak pohon teh. Minyak pohon teh ampuh atasi ketombe dan jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi. Juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut.
  2. Pakai masker aloe vera & jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.
  3. Jauhi wax & styling gel. Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Selain itu bahan kimianya bisa melemahkan batang rambut.
  4. Pakai masker pepaya & madu. Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik dan menyuburkan dari madu.

Cara merawat rambut keriting

  1. Leave-on conditioner. Pakai kondisioner tanpa bilas atau krim penyisir rambut agar rambut keriting tidak meliar.
  2. Pakai handuk lembut. Gunakan handuk microfiber, karena handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Bisa juga menggunakan kaos lama berbahan lembut.
  3. Pilih produk khusus rambut keriting. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari sampo, kondisioner, dan serum atau styling product.
  4. Rutin hair mask. Jangan lupa hair mask setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau seperti Atiqah Hasiholan.
  5. Ikat rambut sebelum tidur. Agar rambut ikal tak kusut masai saat bangun tidur, ikat rambut sebelum tidur. Buat ikatan longgar saja.

 

Cara merawat rambut rusak

  1. Potong ujung rambut yang rusak. Bagian yang rusak total harus segera disingkirkan.
  2. Gunakan sampo pada area kulit kepala saja. Busa sampo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah.
  3. Gunakan kondisioner untuk rambut rusak. Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut.
  4. Pakai masker rambut. Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.
  5. Lakukan pemijatan dengan Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

tips cara mencegah jerawat
28 Desember 2017
cara agar badan menjadi lebih tinggi
28 Desember 2017
Macam Macam Trik unik di google
12 Juli 2018
Pengertian smadav
12 Juli 2018
Sudah Lulus Tapi Belum Dapat Kerja, 5 Tips Agar Tetap Produktif
16 Juli 2018
Pendaftaran Seleksi Mandiri UNIMED Dibuka Hingga 23 Juli 2018
17 Juli 2018

Komentar