tips cara mencegah jerawat

access_time | label Tips & Trik
tips cara mencegah jerawat

Bisakah Jerawat Dicegah?

Tips cara mencegah terjadinya jerawat

  1. Menjaga wajah agar tetap bersih
    Mencuci wajah dua kali sehari perlu dilakukan pada seseorang yang memiliki jerawat atau tidak untuk menghilangkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan kelebihan minyak pada permukaan kulit. Mencuci wajah sebaiknya menggunakan air yang hangat dan pembersih wajah yang ringan. Hindari menggosok kulit dengan kasar. Selalu keringkan wajah dengan handuk bersih.
  2. Menggunakan krim pelembab
    Menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit. 
  3. Menggunakan make up secukupnya
    Ketika sedang dalam kondisi beristirahat, sebaiknya hindari memakai, bedak, atau blush. Jika menggunakan make up maka perlu dicuci bersih setelah selesai beraktifitas 
  4. Memperhatikan bahan kimia yang digunakan pada rambut
    Hindari penggunaan wewangian, minyak, atau gel pada rambut karena jika mengenai wajah dapat menghalangi pori-pori kulit dan mengiritasi kulit. Memilih penggunaan sampo dan kondisioner yang lembut. Sering mencuci rambut karena rambut yang berminyak dapat menambah minyak pada wajah.
  5. Menjauhkan tangan dari wajah
    Hindari menyentuh wajah atau menopang pipi atau dagu di tangan. Hindari untuk memencet jerawat dengan menggunakan jari karena dapat menyebabkan infeksi dan bekas.
  6. Menjauhi sinar matahari
    Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi setelah peradangan. Hindari terkena sinar matahari pada jam 10 pagi hingga 2 sore atau gunakan pelindung.
  7. Memberi makanan pada kulit
    Meningkatkan makanan yang bagus untuk kulit seperti buah, sayuran segar, dan biji-bijian. Menghindari makanan yang dapat menimbulkan jerawat seperti makanan berminyak, makanan cepat saji, dan produk susu dan makanan tinggi gula.
  8. Melakukan olahraga secara rutin
    Melakukan olahraga secara rutin memberikan dampak baik pada keseluruhan bagian tubuh termasuk kulit. Bilas atau mandi untuk membersihkan tubuh setelah berolahraga.
  9. Hindari stress
    Beberapa penelitian menyatakan bahwa keparahan jerawat berkaitan dengan tingkat stress yang terjadi. Sehingga sebaiknya dapat menghindari stress.

Menjaga kebersihan, melakukan perawatan yang tepat, dan mengkonsumsi makan yang bergizi dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit.

Penulis

foto beta arum savilla
beta arum savilla
smk wikarya karanganyar

Artikel Terkait

Share

Komentar