Logo Eventkampus

Sudah Lulus Tapi Belum Dapat Kerja, 5 Tips Agar Tetap Produktif

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Sudah Lulus Tapi Belum Dapat Kerja, 5 Tips Agar Tetap Produktif

Setelah wisuda mungkin kalian tidak akan dipusingkan dengan pertanyaan, 'Kapan lulus?' Tapi sayangnya, kali ini kalian tidak bisa menghindari pertanyaan, 'Kapan kerja?' yang akan selalu mampir di telinga.

Sebagai fresh graduate, kalian mungkin berharap untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Namun dengan banyaknya persaingan, beberapa orang mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan yang pas.

Jangan khawatir, selagi menunggu, Okezone memiliki beberapa tips untuk kalian mengisi waktu luang tersebut, seperti dinukil dari Her Campus:

1. Kerja Paruh Waktu

Nah, beberapa dari kalian lulusan baru, mungkin tidak akan mendapatkan uang saku dari orangtua. Untuk menambah uang jajan dan kebutuhan lainnya, tidak ada salahnya mencoba kerja paruh waktu atau menjadi freelancer. Gunakan waktu tersebut untuk membangun resumeportofolio.

2. Pelajari Keterampilan atau Hobi Baru

Mencoba sesuatu hal yang baru untuk mengisi waktu luang merupakan hal yang tepat. Misalnya, mendaftar ke kelas memasak untuk mempelajari hidangan baru, membuat tembikar, melukis, dan bahkan olahraga. Lebih dari itu, kalian juga dapat mengambil kursus yang mungkin mampu memperluas keahlian profesional. Seperti kursus bahasa asing, public speaking, dan sebagainya.

3. Menjadi Volunteer 

Berbuat kebaikan juga menjadi poin yang terpenting untuk mengisi waktu selagi menunggu mendapatkan pekerjaan. Kalian bisa menjadi volunteer atau sukarelawan dan terlibat dalam proyek-proyek layanan masyarakat. Misalnya saja, mengajar untuk anak-anak di pelosok. Kalian juga bisa menjadi tim dokumentasi atau panitia di dalamnya. Melakukan pekerjaan secara sukarela akan membuat kalian lebih produktif dan positif

Penulis

foto Azka
Azka
SMK N 1 KARANGANYAR

Artikel Terkait

tips cara mencegah jerawat
28 Desember 2017
Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Macam Macam olahan singkong
12 Juli 2018
Macam Macam Trik unik di google
12 Juli 2018
Pengertian smadav
12 Juli 2018
Pendaftaran Seleksi Mandiri UNIMED Dibuka Hingga 23 Juli 2018
17 Juli 2018

Komentar