Logo Eventkampus

Macam Macam olahan singkong

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Macam Macam olahan singkong

Macam Macam olahan singkong

  1. Tiwul Kreasi olahan singkong satu ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan. Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, pacitan Dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari.
  2. Singkong Goreng Bumbu Pedas Olahan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat. Teksturnya empuk dan rasa gurih pedas dari singkong ini membuat kita tidak bisa berhenti menyantapnya.
  3. Timus Timus merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang keberadaannya mulai jarang terlihat. Berbahan dasar singkong parut serta kelapa parut membuat kuliner manis satu ini begitu enak saat disantap. Warna merah kecokelatan pada timus berasal dari gula merah yang diaduk dengan adonan dan menyatu saat dikukus.
  4. Gethuk Goreng Mungkin, nama gethuk goreng terdengar sederhana, tetapi rasanya gak sesederhana itu lho, guys. Rasa manis gula Jawa dengan tekstur gethuk yang padat dan sedikit lengket akan membuatmu merasakan seolah sedang memakan buah kurma.
  5. Combro/Misro Nama olahan singkong yang satu ini merupakan singkatan dari oncom dijero yang artinya oncom didalam. Kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari parutan kasar singkong yang kemudian diisi dengan oncom di dalamnya dan digoreng. Jika combro berisikan oncom, sedangkan misro berisikan gula merah.
  6. Kue Mataroda Olahan manis dari singkong ini memiliki bentuk unik seperti namanya, yakni mataroda. Artinya yakni mata dari sebuah roda. Bentuknya yang unik akan membuat mata kita tersihir.
  7. Gethuk Kepopuleran gethuk, membuatnya mempunyai lagunya sendiri. Ya, sesuai dengan lagunya gethuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kuliner manis ini terbuat dari singkong yang sebelumnya direbus kemudian ditumbuk halus. Biasanya disajikan dengn sedikit taburan kelapa parut.
  8. Bola-bola manis singkong ini sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat sambil bercengkrama bersama keluarga di depan televisi. Lelehan gula Jawa di dalam mulut akan memberikan sensasi untuk makan lagi dan lagi.
  9. Sawut singkong Kreasi olahan singkong yang satu ini juga sudah mulai jarang terlihat. Kue sawut sendiri sebenarnya adalah salah satu kudapan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Parutan kasar singkong inilah yang menghasilkan tekstur sawut atau seperti serabut. Sawut singkong biasanya disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.
  10. Berbeda dengan misro yang memiliki rasa manis, combro cenderung pedas dan gurih. Rasa pedas dan gurih combro dihasilkan dari isiannya, yang terdiri dari sambal tempe atau oncom. Combro akan lebih mantap dinikmati dalam keadaan hangat sambil nonto TV. Ditambah sambal akan lebih mantap lagi.
  11. Tape Tape atau yang juga dikenal dengan sebutan peuyeum oleh masyarakat Sunda ini merupakan makanan berasal dari hasil olahan singkong yang difermentasi. Untuk membuat tape biasanya digunakan ragi sebagai bahan fermentasi agar menghasilkan tekstur singkong yang lunak dengan cita rasa manis dan agak asam.
  12. Cenil Cenil yang terbuat dari pati singkong ini keberadaannya saat ini memang semakin sulit ditemukan. Padahal kudapan satu ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dibanding jajanan lainnya. Cenil biasa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak dan diberi warna makanan sesuai selera sebelum direbus hingga matang. Selain itu, cenil juga umumnya disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

TRIK MEMBENTUK OTOT DADA TIDAK PERLU KE TEMPAT FITNES
10 Juli 2018
Kelebihan Handphone Jadul
12 Juli 2018
Macam Macam cara Merawat Rambut
12 Juli 2018
Macam Macam Trik unik di google
12 Juli 2018
Manfaat daun sirsak
12 Juli 2018
Apa Beda Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Masa Orientasi Siswa
23 Juli 2018

Komentar