Logo Eventkampus

Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

  1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Hampir 70% para pengguna smartphone apabila membeli dengan layar yang lebar dan graphic yang bagus, maka itu akan digunakan untuk bermain game. Hal itu tidaklah baik, karena akan mengakibatkan kerusakan pada RAM dan processornya.
  2. Bersihkan Debu yang Menempel Debu yang menempel juga ternyata bisa memperlambat kinerja pada smartphone, karena bisa mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas. Untuk membersihkannya cukuplah dengan menggunakan kuas dan bersihkan pada bagian speaker, lubang USB, sudut layar dan lain-lain
  3. Software instalasi software Sebaiknya berhati-hati dalam menginstall software, karena bisa berpengaruh virus yang masuk ke smartphone.
  4. Baterai Pengisian daya harus dilakukan pada saat baterai smartphone sudah mencapai 10%-15% dan melepas baterai apabila sudah terisi dengan penuh. Apabila cara pengisian daya terlampau lama, maka akan mengakibatkan baterai cepat drop dan cepat rusak.
  5. Kamera & Speaker Cara merawat speaker sangatlah mudah, yaitu hindarkan dari medan magnet, air dan benda logam yang dapat merusak speaker. Cara merawat kamera juga sangat gampang, yaitu dengan menghindarkan goresan pada lensa kamera dan memberikan perlindungan pada lensa kamera.
  6. Matikan Smartphone saat Tidak Dipakai Ponsel yang sedang tidak dipakai atau digunakan bisa dimatikan terlebih dahulu untuk mendinginkan bagian-bagian komponen seperti RAM dan processor. Smartphone layaknya manusia juga butuh istirahat. Apabila penggunaannya berlebihan akan menyebabkan hp cepat panas.
  7. Lakukan Scanning apabila RAM Penuh Jika pada smartphone terlihat berat, maka bisa dikatakan RAM pada smartphone sudah penuh. Untuk menormalkannya kembali yaitu dengan menghapus aplikasi yang sedang berjalan
  8. Gunakan Anti Virus Gunakan antivirus dan update secara rutin. Menggunakan anti virus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke smartphone melalui jaringan internet, file dan bluetooth. Untuk itu update anti virus 3 hari sekali.
  9. Selalu Gunakan Charger Bawaan Ponsel Menggunakan charger bawaan dari ponsel memang sangatlah dianjurkan, karena asumsi daya listrik yang masuk ke hp sudah disesuaikan dari pabriknya langsung.
  10. Tombol atau Keyboard Tombol pada smartphone memiliki fungsi yang berbeda-beda dan apabila terus digunakan maka akan berakibat menurunnya fungsi pada tombol smartphone. Walaupun sekarang sudah banyak hp layar sentuh, namun beberapa hp masih mencantumkan tombol, seperti tombol menu atau home dan tombol back.

 

  1. Backup & Restore Untuk menjaga smartphone haruslah dilakukan backup secara berkala, karena jika terjadi kerusakan pada smartphone, maka semua data bisa terlindungi. Usahakan penyimpanan pada laptop ataupun flashdisk.
  2. Restart Ponsel Lakukan restart ponsel 2 kali sehari. Tujuan dilakukannya restart adalah untuk merefresh jaringan sistem pada smartphone yang Anda gunakan, supaya bisa berjalan normal pada setiap aplikasinya.

 

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

TRIK MEMBENTUK OTOT DADA TIDAK PERLU KE TEMPAT FITNES
10 Juli 2018
Cara Ambil Uang diATM Mandiri dan BCA
12 Juli 2018
Kelebihan Handphone Jadul
12 Juli 2018
Macam Macam olahan singkong
12 Juli 2018
Manfaat daun sirsak
12 Juli 2018
Cegah tanda penuaan dengan 10 gerakan pijat wajah
18 Juli 2018

Komentar