Minesweeper, Game Bawaan Windows yang Asik Untuk dimainkan dan Meningkatkan Kemampuan Berfikir

access_time | label Lainnya

Minesweeper, siapa yang tidak tahu game bawaan windows ini? walau banyak yang tahu tentang game ini tapi mayoritas tidak tahu cara memainkanya, untuk yang belum tahu cara memainkanya mungkin mengira bahwa game ini adalah game yang menggunakan faktor keberuntungan. Tapi sebenarnya cara memainkan game ini hampir 90% menggunakan rumus dan sisanya menggunakan keberuntungan.

Mineswepeer ini sangat bagus untuk melatih berfikir logika dan bermain presentase dalam mengambil keputusan, bagaimana tidak? salah perhitungan sekali saja sudah game over dan harus mengulangnya dari awal. Game ini cocok sekali dimainkan saat kebingungan mengerjakan tugas/skripsi sambil menenangkan pikiran dan mencari solusi-solusi untuk tugas yang sedang dikerjakan.

Rumusnya sangatlah mudah, angka di dalam game tersebut menunjukan jumlah bom yang ada disekitarnya, contohnya gambar diatas, jika ada angka 5 maka disekitarnya ada bom 5. Untuk angka 4 maka disekitarnya da 4 bom, jika ada 5 kotak yang belum dibuka dan sudah ada 3 kotak yang sudah ditandai sebagai bom maka presentasenya di 2 kotak yang belum dibuka dan ditandai tersebut salah satu pasti ada bom. untuk metode lainya kita lihat dari kotak paling mudah seperti pada gambar bagian kanan yang sudah ditandai, dimulai dari angka 1, jika sekitarnya sudah ada satu yang ditandai dan kotak lainya belum dibuka maka kotak yang lainya itu pasti bukanlah bom (asal tidak salah menandai bom) lalu dilanjutkan dengan kotak dengan angka 2 dibawahnya, jika yang samping kiri bukan bom (karena eliminasi kotak ber angka 1 tadi) maka sudah bisa dipastikan kotak dibawahnya itu adalah bom dan seperti itu terus untuk eliminasinya, harus melihat dari berbagai kotak disekitarnya untuk memastikan bahwa yang belum dibuka adalah bom.

Saat pertama mencoba memang agak susah dan sering salah memperkirakan kotak yang ada bomya, tetapi jika sudah mencoba beberapa kali pasti akan terbiasa untuk menentukan bom atau tidaknya,

*Untuk menandai bom klik kanan pada mouse

 

Tags

Penulis

Ian Setyawan Bowo Laksono
SMK N 2 Karanganyar
"Calon programmer"

Artikel Terkait

Komentar