Logo Eventkampus

Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan

19 Kampus Ini Ternyata Mempunyai Jurusan di Bidang Game.

Industri game mengalami perkembangan yang pesat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.Ini dia beberapa kampus di Indonesia mendukung majunya industri game dengan membuka jurusan Teknologi Game. Skuyy...

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


infokampus.news

 

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jurusan teknologi game untuk jenjang S2 dengan nama Teknologi Media Digital dan Game. Jurusan ini merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Beberapa contoh pilihan mata kuliah yang bisa diambil di program studi ini adalah 3D Modeling & Animasi, Design Methodology, Game Engine Design & Development, Multimedia System, serta Intelligent Game Theory. Kalian bisa masuk di Program studi ini dari jenjang S1 maupun D4.

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)


Its.ac.id

Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) juga membuka jurusan game yang untuk jenjang S2. Program S2 Teknologi Game ini adalah hasil kerjasama dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Pada jenjang Sarjana (S1) Program Studi Teknologi Game ada dalam salah satu mata kuliah peminatan di jurusan Teknik Komputer.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)


Pens.ac.id

 

Kampus yang terkenal dengan robotnya ini juga membuka jurusan D4 Teknologi Game. Di sini mahasiswa akan diberikan kemampuan dalam hal teknis, desain, sosial dan komunikasi, serta kemampuan berwirausaha di industri game. Jurusan Teknologi Game ini bergerak dalam mendukung industri kreatif di Indonesia dan mencetak tenaga ahli dalam developer game. Jurusan ini berdiri tahun 2012 dan hanya menerima 30 mahasiswa baru di jurusan ini, jadi kalian harus siap bersaing untuk masuk di Politeknik nomer satu di Indonesia ini.

4. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)


cdn2.tstatic.net

 

Universitas Bina Nusantara (Binus) secara khusus membuka program S1 yaitu Game Application and Technology pada tahun 2011 . Fokus dari program studi ini yaitu game art, game design, serta game programming. Setelah lulus dari program studi ini kalian dapat berkarir sebagai Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, Entrepreneur, Game Consultant, maupun akademisi di bidang multimedia dan game (pengajar, trainer, dan peneliti).

5. Universitas Negeri Malang


icomse.fmipa.um.ac.id

 

Universitas Negeri Malang juga tak mau kalah menghasilkan developer game berkualitas lewat program studi D3 Game Animasi yang akan membekali lulusanya dengan kemampuan membuat game 2D dan 3D. Jika kalian tertarik untk melanjutkan ke jenjang S1, program studi ini juga bisa diteruskan melalui jurusan Desain Komunikasi Visual dengan konsentrasi bidang game (non multimedia). 

6. Universitas Ciputra


www.ciputrarecruitmentcenter.com

 

Program studi teknologi game di Universitas Ciputra adalah bagian dari pendidikan sarjana Teknik Informatika. Program studi ini berfokus pada pengembangan aplikasi dan game mobile dengan memanfaatkan berbagai tool terkini, salah satunya adalah Unity. Aplikasi mobile yang dipelajari tidak hanya berbasis Android namun juga iOS dengan melibatkan kurikulum Developer Education Program dari Apple.

7. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)


palapanews.com

 

Kampus milik Kompas Gramedia ini juga membuka jurusan Teknologi Game. Program studi ini akan membekali mahasiswa untuk terjun di industri game. Karena berfokus pada desain visual, prospek kerja dari lulusan program studi ini mencakup 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist, dan Art Game Director. UMN juga memfasilitasi startup baik dari dalam UMN sendiri maupun dari luar bernama Skystar Ventures.

8. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

PENS

Pendidikan Teknologi Game di PENS tidak hanya fokus pada hal-hal teknis, tapi juga persiapan untuk menjadi sumber daya manusia yang dapat mengembangkan industri game lebih jauh lagi. Contohnya kewirausahaan, kepemimpinan, serta komunikasi. Mata kuliah sisi teknisnya sendiri cukup beragam, meliputi desain game 2D, 3D, serta multiplayer online, sejarah game, hingga desain suara dan musik.

9. SAE Institute Indonesia

SAE Institute Indonesia

SAE Institute dulunya adalah kampus pendidikan musik (School of Audio Engineering) yang didirikan oleh sound engineer Tom Misner pada tahun 1976 di Australia. Kali ini SAE Institute telah tersabar di berbagai penjuru dunia, salah satunya Indonesia di Jakarta. SAE Institute Indonesia menawarkan berbagai macam pendidikan media kreatif, termasuk salah satunya studi Visual Effects & Animation untuk keperluan industri game.

10. KALBIS Institute

KALBIS Institute

Dahulu bernama Institut Teknologi dan Bisnis KALBE (ITBK), KALBIS Institute kini telah berkembang dengan lebih banyak jurusan serta mampu menampung lebih dari 8.000 mahasiswa. Kampus ini juga bekerja sama dengan organisasi Bina Nusantara (BINUS) untuk manajemennya. KALBIS Institute memiliki jurusan Game Computing and Technology sendiri yang terpisah dari jurusan Teknik Informatika. Fakultas yang membawahinya pun bernama Fakultas Industri Kreatif, menunjukkan bahwa kampus ini sangat up-to-date terhadap perkembangan zaman.

11. Universitas Surabaya

Anda yang mengincar gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) namun punya jiwa seni yang kuat dapat memilih pendidikan di UBAYA, program studi Informatika Program Multimedia (IF – P. K. Multimedia). Program ini cukup unik karena mengajarkan mata kuliah seni dan teknik sekaligus di satu jurusan. Anda dibentuk menjadi ahli multimedia holistik, yang mampu menguasai berbagai hal dari keamanan jaringan hingga digital audio.

12. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Jurusan Teknik Informatika di UII Yogyakarta memiliki berbagai cabang konsentrasi, salah satunya yaitu Gim, Grafika, dan Multimedia. Mata kuliah yang ditawarkan dalam konsentrasi ini mencakup Pengembangan Aset Gim, Gim Serius, serta Multimedia untuk Pembelajaran. Jurusan ini cocok untuk Anda yang ingin menguasai Teknik Informatika secara umum, namun juga punya minat pada game.

13. ESQ Business School (EBS)

Meski namanya Business School, EBS sebenarnya juga menawarkan jurusan-jurusan di luar bidang bisnis. Contohnya Ilmu Komputer dengan peminatan Game Technology & Animation. Sesuai dengan visi kampusnya, program ini ingin Anda menjadi seorang creative technopreneur. Tak hanya seorang profesional di bidangnya, tapi juga mampu memimpin perubahan dengan keahlian wirausaha.

14. Institut Informatika Indonesia

Kampus yang satu ini menawarkan program studi yang sangat menarik. Secara berdiri sendiri, sebetulnya tidak ada program studi game di IKADO, akan tetapi bila Anda memilik jurusan Informatika, Anda berkesempatan mengambil program Dual Degree prodi Game Technology di Dongseo University, Korea Selatan. Sebanyak 79 SKS kuliah (4 semester) akan Anda tempuh di IKADO, sementara 66 SKS (4 semester) sisanya Anda ambil di Dongseo University. Setelah lulus, Anda akan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dan Bachelor of Engineering (B.Eng.) sekaligus.

15. Universitas Dian Nuswantoro Semarang

UDINUS melalui kerja sama dengan Indonesia e-Sports Association (IeSPA) telah membuka program pembinaan esports setara UKM untuk para mahasiswa yang berminat. Dengan program ini, UDINUS telah menjadi universitas pertama di Indonesia yang berperan dalam mempromosikan dunia game kompetitif. Program ini juga didukung oleh platform live streaming NimoTV.

16. SMK Raden Umar Said

Sekolah kejuruan yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah, ini cukup sensasional karena memiliki fasilitas berstandar internasional untuk pengembangan dan pendidikan multimedia. Dengan lima kompetensi keahlian yang ditawarkan, SMK RUS Kudus bisa jadi pilihan utama bagi pelajar yang serius ingin masuk ke industri game ataupun industri media kreatif lainnya.

17. Sekolah Tinggi Multi Media

Melalui program studi Desain Teknologi Permainan, STMM “MMTC” Yogyakarta ingin menghasilkan lulusan dengan kemampuan manajerial profesional untuk tujuan pendidikan, bisnis, ataupun sosial. Kampus ini ingin mendidik sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan perangkat multimedia, serta melakukan kerja sama berbasis riset. Salah satu mata kuliah menarik yang ditawarkan adalah Penyutradaraan Game (Game Directing).

18. Politeknik Negeri Media Kreatif

Sama seperti penyedia program studi Game Technology lainnya, Polimedia ingin menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian teknis dan kewirausahaan di industri game yang mampu menghadirkan muatan-muatan lokal. Terdapat juga jurusan Animasi yang mengajarkan animasi 2D maupun 3D. Polimedia memiliki kerja sama dengan berbagai pemain industri, salah satunya studio gameCreacle yang berbasis di Yogyakarta.

19. SMA/SMP 1 PSKD

Nama SMA 1 PSKD pasti sudah tak asing lagi di kalangan pencinta esports. Sekolah ini memang merupakan satu dari sangat sedikit lembaga pendidikan Indonesia yang sudah memfasilitasi pendidikan esports. Saat ini program pembinaan esports baru tersedia di SMA 1 dan SMP 1 PSKD, namun direncanakan untuk juga tersedia di SMA 4 dan SMP 4 PSKD nantinya.

 

Itulah 19 kampus dan sekolah yang memiliki jurusan Teknologi Game. Jika kalian berniat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan jurusan ini, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu kampus di atas. 

(Ardian Setiawan)
 


 

Penulis

foto Ardian Setiawan
Ardian Setiawan
Siswa SMK N 2 KARANGANYAR dari kelas RPL A

Artikel Terkait

Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
Ngampus : Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi
10 Februari 2020
Ngampus : Selain Programmer, Berikut Ini Peluang Kerja Untuk Lulusan Informatika/Komputer
11 Februari 2020
Ngampus : Bedanya Jurusan Akuntansi dan Perpajakaan
12 Februari 2020
Ngampus : Kuliah Jurusan Pariwisata, Kerjanya Jalan-jalan
13 Februari 2020
Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!
18 Februari 2022

Komentar