Logo Eventkampus

Ngampus : Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
Ngampus : Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi

Saat memilih jurusan untuk kuliah, kita mungkin pernah menemui jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi yang terletak di satu universitas. Terdengar mirip satu sama lain, kan? Meski sama-sama mengandung unsur komputer, tentu aja ketiga jurusan tersebut memiliki beberapa perbedaan. Kamu harus mengetahui perbedaan ketiga jurusan tersebut agar tidak salah pilih. Skuy...

Teknik Informatika (Programming)

Pada jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Jadi, mata kuliah yang kamu temui akan lebih banyak berkutat pada pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer.

 

Teknik Komputer (Computer Engineering)

Lalu, apa bedanya Teknik Informatika dengan Teknik Komputer? Nah, apabila Teknik Informatika lebih fokus pada programming, maka kamu akan lebih sering berkutat dengan perangkat keras (hardware) di jurusan Teknik Komputer. Tenang, kamu tidak akan tiba-tiba diminta untuk merakit komputer, kok. Hardware yang dimaksud cenderung berhubungan dengan microcontroller dan prosesor komputer. Sesekali, kamu juga akan bertemu dengan bahasan programming dengan “bahasa mesin”.

 

Teknik Telekomunikasi.

Program studi Teknik Telekomunikasi memiliki fokus pembelajaran dibidang telekomunikasi, dan bukan hanya perihal pemasangan kabel dan komunikasi jaringan sinyal radio saja, tetapi di sini juga mempelajari berbagai perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu teknik telekomunikasi juga mempelajari cara pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa.

 

Setelah kita mengetahui pengertian dari masing masing jurusan diatas mari kita memahami perbedaannya secara mendalam

Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Di sini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga pasti dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI (Teknik Informasi) wajib membuat aplikasi.

Jurusan Teknik Komputer lebih condong ke arah ‘sains’-nya komputer, karena akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.

Jurusan Teknik Telekomunikasi akan menggabungkan konsep komputer dan bisnis/manajemen. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya seperti bagaimana berhubungan dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi berdasarkan skala bisnis perusahaan, dan seterusnya.

Perbedaan di atas hanya gambaran umum, dan bisa sangat berbeda tergantung dengan Universitas mana yang akan kalian pilih. Beda universitas, beda nama, dan akan beda pula kurikulumnya. Mungkin hanya segini yang saya dapat sampaikan.Kalau ada salah kami mohon maaf sebesar besarnya.

(Ardian Setiawan)

Penulis

foto Ardian Setiawan
Ardian Setiawan
Siswa SMK N 2 KARANGANYAR dari kelas RPL A

Artikel Terkait

Ngampus : Selain Programmer, Berikut Ini Peluang Kerja Untuk Lulusan Informatika/Komputer
11 Februari 2020
Ngampus : Top 10 Universitas Indonesia Menurut Topuniversities
12 Februari 2020
Ngampus : Bedanya Jurusan Akuntansi dan Perpajakaan
12 Februari 2020
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"
13 Februari 2020
Ngampus : Kuliah Jurusan Pariwisata, Kerjanya Jalan-jalan
13 Februari 2020
Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!
18 Februari 2022

Komentar