Logo Eventkampus

Ngampus : Kuliah Jurusan Pariwisata, Kerjanya Jalan-jalan

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
Ngampus : Kuliah Jurusan Pariwisata, Kerjanya Jalan-jalan

Saat berbicara tentang pariwisata maka akan muncul pemikiran akan jalan-jalan saja. Perlu diketahui, bahwa pariwisata bukan hanya berhubungan dengan jalan-jalan, namun juga berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan ilmu pengetahuan yang di dapatkan akan semakin bertambah juga. Berikut ini akan mengulik tentang jurusan pariwisata.

Apa saja yang dipelajari jurusan pariwisata?

Dijurusan pariwisata, hamper semua aspek yang terdapat dikegiatan wisata dipelajari. Beberapa diantaranya adalah:

1.    Statistik pariwisata

Di mata kuliah ini, Anda akan belajar mengenai menghitung jumlah kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata dan mencari tahu demografi wisatawannya, yang bertujuan agar lebih paham mengenai bagaimana cara membuat kebijakan pada suatu objek wisata.

2.    Ekonomi pariwisata

Di mata kuliah ini, Anda akan belajar untuk menganalisis seberapa besar dampak pariwisata pada suatu destinasi atau lokasi, baik secara makro dan mikro.

3.    Ekowisata

Di mata kuliah ini, Anda akan belajar bagaimana cara mengembangkan pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi, dan aspek pendidikan.

4.    Bahasa asing

Di mata kuliah ini, Anda akan belajar juga beberapa bahasa asing dalam jurusan ini. Bahasa-bahasa itu di antara lain adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, hingga bahasa Prancis.

Yang bertujuan untuk bekal Anda bila ingin mengembangkan lebih luas cakupan bisnis pariwisata yang Anda dirikan setelah lulus nanti.

Prospek kerja jurusan pariwisata

1.    Travel Blogger

Di era yagn serba digital ini, menjadi seorang travel blogger bisa menjadi salah satu prospek kerja pariwisata yang mumpuni. Dengan mempromosikan berbagai tempat wisata dapat dilakukan secara online dengan cepat, Anda bisa mendapatkan bayaran cukup besar dari pemasangan iklan. Selain itu, Kamu juga bisa menulis sebuah buku, mengikuti lomba wisata dan lain-lain. Tentu Anda harus pandai mengkombinasikan foto dan tulisan menjadi visual yang menarik.

2.    Pengelola Wisata

Mengambil jurusan pengelolaan pariwisata mungkin bisa memberikan pilihan karir sebagai pengelola wisata baru. Selain itu, sekarang ini banyak tempat wisata baru mulai bermunculan untuk menambah perekonomian suatu tempat.

3.    Biro Perjalanan Wisata

Lulusan pariwisata bisa bekerja di biro perjalanan wisata untuk informasi jalur penerbangan, destinasi wisata, akomodasi hotel dan lain-lain. Kemampuan yang harus dimiliki oleh para Biro Perjalanan Wisata ini adalah dengan membuat paket tour yang benar dan baik.

4.    Konsultan Pariwisata

Salah satu prospek kerja jurusan pariwisata adalah menjadi konsultan pariwisata. Dengan menjadi konsultan pariwisata, Anda bisa memberikan saran, menawarkan jasa, serta membantu menyelesaikan permasalahan terkait masalah pariwisata. Anda bisa menawarkan jasa konsultan pariwisata ini secara online.

5.    Pemandu Wisata

Seorang pemandu wisata biasanya dapat bekerjasama dengan biro perjalanan wisata untuk menjadi lokal pemandu wisata di suatu tempat wisata. Seorang pemandu wisata berkewajiban memberikan informasi kepada para wisatawan yang sedang berkunjung ke suatu tempat wisata baik di luar negeri maupun dalam negeri. Biasanya seorang yang menjadi pemandu wisata ini harus mempunyai kemampuan komunikasi dan bahasa inggris menjadi nilai lebih untuk menjadi seorang pemandu wisata yang handal.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Ngampus : Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi
10 Februari 2020
Ngampus : Selain Programmer, Berikut Ini Peluang Kerja Untuk Lulusan Informatika/Komputer
11 Februari 2020
Ngampus : Top 10 Universitas Indonesia Menurut Topuniversities
12 Februari 2020
Ngampus : Bedanya Jurusan Akuntansi dan Perpajakaan
12 Februari 2020
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"
13 Februari 2020
Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!
18 Februari 2022

Komentar