Logo Eventkampus

Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
Ingin Kuliah? Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan!

Ketika kita sudah beranjak dari bangku sekolah, pastinya timbul kegelisahan baru akan arah dan tujuan hidup kita ingin dibawa kemana. Ingin melanjutkan pendidikan kemana, dan ingin fokus dalam bidang apa. Jiwa rasanya seperti terombang-ambing bukan? Itulah yang orang-orang rasakan ketika sudah lulus dari seragam putih abu-abu dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

           Namun, sebelum memasuki pembahasan mengenai jurusan dalam perguruan tinggi, banyak sekali stereotip masyarakat yang menganggap bahwa kesuksesan hanyalah milik seseorang yang memilih jurusan kuliah tertentu. Jurusan tersebut terlihat memiliki potensi besar yang menggiurkan orang-orang untuk mendalaminya. Biasanya dengan iming-iming “nanti kalau kamu ambil jurusan teknik sipil, nanti kalau sudah lulus gajimu besar” atau “nanti kalau kamu ambil jurusan IT, kamu bakal kerja di perusahaan besar dan gajimu pun akan besar” dan masih banyak lagi. 

           Perguruan tinggi merupakan jenjang yang akan memfokuskan kamu pada satu bidang yang menjadi minat dan bakatmu. Disini kamu akan banyak mendalami bidang yang jadi pilihanmu. Maka jangan sampai kamu menyesal karena salah dalam memilih jurusan kuliah. Jangan sampai kamu menjalani perkuliahanmu tanpa ada rasa senang akan bidang yang kamu pilih. Kuliah bukanlah sekedar ikut-ikutan, maka tentukanlah pilihanmu berdasarkan apa yang ada dihatimu, jangan sampai hanya karena ikut-ikutan temanmu atau orang lain.

           Dalam menentukan jurusan kuliah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu :

1.     Minat dan Bakat

Sebelum memasuki perguruan tinggi, kita harus menentukan minat dan bakat kita untuk memilih sebuah jurusan kuliah. Hal ini yang akan menentukan karirmu kedepan akan seperti apa, dan arah hidupmu akan dibawa kemana. Pastikan betul bahwa kamu benar-benar menyukai bidang tersebut dan benar-benar ingin mendalaminya, agar kamu tidak menyesal ketika menjalani kuliah nanti. Menentukan minat dan bakat biasanya bercampur tangan juga dengan orang tua, maka komunikasikanlah dengan baik jurusan yang ingin kamu pilih, dan apa sebab kamu memilih jurusan tersebut, dan bagaimana prospeknya kedepan akan jurusan yang kamu pilih.

2.     Karir kedepan

Saat memilih jurusan, pastikan kamu sudah merencanakan cita-citamu dari awal. Ingin jadi apakah kamu di masa depan nanti, dan mengapa alasan kamu memilih profesi tersebut, dan apakah profesi tersebut sudah sesuai dengan dirimu. Pilihlah profesi sesuai dengan hatimu, karena itulah yang akan menunjang masa depanmu seterusnya. Apapun profesinya apabila baik maka tidak ada salahnya, jangan sekali-kali ragu hanya karena omongan kanan kirimu.

3.     Ridho Orang Tua

Pada penentuan jurusan, selalu libatkan kedua orang tua untuk bermusyawarah. Komunikasikan keinginanmu dengan alasan yang dapat diterima oleh kedua orang tuamu. Orang tuamu adalah pendukung utamamu untuk masa depan. Maka jangan sampai ketika kamu sudah memilih dan menjelaskan keinginanmu, kamu mengecewakan kedua orang tuamu. Mungkin beberapa orang tua masih bersikeras memaksakan jurusan kuliah karena khawatir akan masa depan anaknya. Namun pada hal ini, anaklah yang akan menjalani segala proses pendidikan selama di bangku perkuliahan. Maka sesuaikanlah dengan apa yang menjadi minat dan bakatmu. Bicarakan hal ini dengan baik, dan sampaikan alasan dan tujuanmu mengambil jurusan tersebut. Kuatkanlah alasan tersebut, karena orang tua dapat menerima keinginanmu bilamana dalam dirimu terdapat kesungguhan akan jurusan tersebut. Jangan lupa untuk selalu meminta doa dan ridho dari kedua orang tua.

           Kuliah merupakan sebuah jenjang pendidikan yang lebih terkhusus dan mengarah. Jangan sampai kamu salah dalam memilih arah dan tujuan. Pastikan apa yang menjadi pilihanmu berasal dari hatimu. Karena itu yang akan membuatmu nyaman saat kamu menjalaninya. Jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan YME agar selalu memudahkan langkahmu.


Penulis

foto Arjuna Pranadya
Arjuna Pranadya

Artikel Terkait

Surat Terbuka Siswa untuk Pak Semangat
05 Juni 2017
Tips Tips Agar Kamu Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah
15 Februari 2018
Ngampus : Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi
10 Februari 2020
Ngampus : Selain Programmer, Berikut Ini Peluang Kerja Untuk Lulusan Informatika/Komputer
11 Februari 2020
Ngampus : Bedanya Jurusan Akuntansi dan Perpajakaan
12 Februari 2020
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"
13 Februari 2020

Komentar