Logo Eventkampus

Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)

   Kata insomnia pastilah cukup akrab di telinga Anda. Sebagian orang di dunia ini pasti pernah mengalami gangguan tidur yang akrab disebut insomnia. Baik dalam kadar yang ringan maupun berat.

 Gangguan insomnia sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dari mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau banyak pikiran. Penyebab kedua ini cukup sering dialami orang-orang dewasa saat ini.

    Banyak pikiran karena pekerjaan atau lelah menjalani hidup yang berat, secara tidak langsung akan memaksa otak terus aktif. Saat itu terjadi, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Berikut adalah cara mengatasi Insomnia:

1. Mandi dengan Air Hangat

Anda tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak dan enak jika tubuh berada dalam kondisi kurang bersih. Apalagi Anda yang terbiasa bekerja di luar ruangan dan kerap bersentuhan dengan asap maupun debu di jalanan.

Karena itu, pastikan sebelum tidur mandilah dengan air hangat. Air hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan lebih rileks dan segar. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka Anda akan cepat ngantuk dan bisa tertidur dengan pulas.

2. Minum Susu Hangat

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah meminum susu hangat sebelum tidur. Jadi, setelah Anda selesai mandi dengan air hangat, siapkan segelas susu hangat. 

Rasa hangat yang masuk ke dalam perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk tidur dan terlelap.

3. Lakukan Hitung Mundur

Pernah melihat film kartun yang menggambarkan seseorang yang sulit tidur kemudian melakukan hitungan jumlah kambing yang melompat?

Cara tersebut ternyata masih cukup efektif untuk mengatasi insomnia yang disebabkan oleh pikiran yang galau.

Namun, tentu saja dengan dilakukan sedikit modifikasi. Anda menghitung bukan dari angka kecil ke angka besar. Tapi menghitung mundur, mulai dari 60. Caranya, tatap langit-langit kamar lalu mulailah melakukan hitung mundur.

4. Hindari dan Jauhkan Gadget

Hidup di zaman now memang membuat masyarakat tak bisa lepas dari gadget. Dari mulai bangun, sarapan, makan siang, nongkrong sore, bahkan menjelang tidur pasti selalu ada gadget di tangan. Bahkan bagi sebagian kalangan, gadget adalah teman yang mengasyikan saat nongkrong di toilet.

Bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur, sebaiknya mulai menjauhkan diri dari gadget. Terutama menjelang tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak Anda tetap aktif yang akhirnya tubuh pun meresponsnya dengan tidak bisa tidur.

Ketika sudah ada di pembaringan, pastikan juga posisi gadget berada di luar jangkauan.  Gadget yang berada di dekat tempat tidur juga akan membuat Anda lebih mudah terkena insomnia.

Kalaupun harus dekat, pastikan gadget Anda berada dalam mode penerbangan, sehingga tidak akan menangkap dan menyebar sinyal radioaktif meski gadget tetap menyala.

5. Matikan Lampu Kamar

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, faktor kenyamanan menjadi hal penting yang harus didapatkan oleh seseorang yang mengalami insomnia. Selain mandi air hangat dan minum susu hangat, Anda juga bisa mendapatkan kenyamanan ini dari suasana kamar yang temaram

Cara mengatasi insomnia ini cukup efektif dilakukan. Terutama untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Jika memang Anda tidak terlalu suka dengan suasana gelap gulita, maka bisa memasang lampu sudut yang diberi dimmer atau alat pengurang cahaya.

Tidur dalam kondisi kamar yang lampu menyala hanya akan membuat mata tetap aktif. Otak pun merespons bahwa saat itu adalah siang hari. Jadi, agar mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, pastikan Anda tidur dengan lampu kamar yang dimatikan.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tak Hanya Gunakan Medsos, Ini Tips Kembangkan Bisnis Kecil Era Daring
27 Desember 2019
10 Tips Cantik Alami Ini Layak Kamu Coba, Demi Wajah yang Makin Memesona!
30 Desember 2019
Cara Membuat Bubur Sumsum
28 Januari 2020
Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas
19 Februari 2020
Cara Membuat Diri Agar Disiplin Dan Komitmen
25 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar