Logo Eventkampus

Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering

  Masih banyak orang yang menganggap kulit berminyak sama dengan kulit yang lembap. Akan tetapi pada kenyataannya kulit berminyak tidak menjamin kelembapan kulit seseorang.

  Bukan hanya faktor kadar air, terkadang suhu udara, matahari, eksfoliasi berlebihan, dan makeup yang menyumbat pori-pori juga bisa menjadi faktor pendukung kulitmu menjadi berminyak namun terasa kering dan kaku. Bagaimana cara mengatasinya dan mengembalikan elastisitas kulitmu?

1. Bersihkan Sel Kulit Mati

Kulit berminyak yang kering karena dehidrasi memiliki tumpukan sel kulit mati yang lebih banyak, itu sebabnya kamu perlu melakukan pembersihan sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Gunakan scrub pada wajah dan gosokkan secara lembut. Lakukan maksimal dua kali dalam seminggu, jika terlalu sering maka jaringan kulitmu malah akan rusak.

2. Pembersih Wajah dengan pH Rendah

Para pakar kecantikan kulit mengemukakan bahwa lapisan pelindung pada permukaan kulit idealnya memiliki kadar keasamam (pH) sebesar 5,5. Kondisi terbaik pH untuk kulit wanita dewasa berada di sekitar pH 4,2–5,6.

3. Jangan Pakai Toner yang Mengandung Alkohol

Pentingkah menggunakan toner dalam rangkaian perawatan wajahmu? Ya! Toner akan membantu melembapkan kulitmu setelah melakukan eksfoliasi dan mencuci muka. Toner juga berfungsi menyamakan warna kulit yang tidak merata, dan juga membantu penyerapan serum dan krim malam agar lebih efektif.

Satu hal yang harus ingat adalah, jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol. Kulitmu memiliki masalah minyak namun terasa kaku dan kering. Alkohol malah akan menghilangkan kelembapan yang ingin kamu miliki!

4. Gunakan Pelembab Dan Serum

Banyak dari orang yang memiliki kulit berminyak akan menghindari menggunakan pelembap, karena beranggapan bahwa pelembap akan membuat kulit semakin berminyak. Nah, itu bisa jadi disebabkan kandungan minyak yang tinggi dalam pelembap yang kamu pakai.

Carilah pelembap yang oil-free, biasanya berbentuk gel seperti produk gel aloe vera yang sudah bisa dengan mudah ditemukan. Pelembap jenis ini akan membantu menghidrasi kulit tanpa membuat kulit semakin berminyak.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya, kulitmu akan terasa semakin lembap. Bukan hanya menjadi lebih elastis, kamu akan terlihat lebih berseri dan cerah.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh
02 Januari 2020
Merasa Gabut di Kantor? 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan di Waktu Senggang.
02 Januari 2020
Tips Merawat Tas Kulit
31 Januari 2020
Begini Cara Membedakan Madu asli dan Madu Palsu
21 Februari 2020
8 Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
26 Februari 2020
5 Cara Download Video YouTube Menggunakan HP,Mudah,Cepat dan Praktis.....
10 Maret 2020

Komentar