Logo Eventkampus

Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering

  Masih banyak orang yang menganggap kulit berminyak sama dengan kulit yang lembap. Akan tetapi pada kenyataannya kulit berminyak tidak menjamin kelembapan kulit seseorang.

  Bukan hanya faktor kadar air, terkadang suhu udara, matahari, eksfoliasi berlebihan, dan makeup yang menyumbat pori-pori juga bisa menjadi faktor pendukung kulitmu menjadi berminyak namun terasa kering dan kaku. Bagaimana cara mengatasinya dan mengembalikan elastisitas kulitmu?

1. Bersihkan Sel Kulit Mati

Kulit berminyak yang kering karena dehidrasi memiliki tumpukan sel kulit mati yang lebih banyak, itu sebabnya kamu perlu melakukan pembersihan sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Gunakan scrub pada wajah dan gosokkan secara lembut. Lakukan maksimal dua kali dalam seminggu, jika terlalu sering maka jaringan kulitmu malah akan rusak.

2. Pembersih Wajah dengan pH Rendah

Para pakar kecantikan kulit mengemukakan bahwa lapisan pelindung pada permukaan kulit idealnya memiliki kadar keasamam (pH) sebesar 5,5. Kondisi terbaik pH untuk kulit wanita dewasa berada di sekitar pH 4,2–5,6.

3. Jangan Pakai Toner yang Mengandung Alkohol

Pentingkah menggunakan toner dalam rangkaian perawatan wajahmu? Ya! Toner akan membantu melembapkan kulitmu setelah melakukan eksfoliasi dan mencuci muka. Toner juga berfungsi menyamakan warna kulit yang tidak merata, dan juga membantu penyerapan serum dan krim malam agar lebih efektif.

Satu hal yang harus ingat adalah, jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol. Kulitmu memiliki masalah minyak namun terasa kaku dan kering. Alkohol malah akan menghilangkan kelembapan yang ingin kamu miliki!

4. Gunakan Pelembab Dan Serum

Banyak dari orang yang memiliki kulit berminyak akan menghindari menggunakan pelembap, karena beranggapan bahwa pelembap akan membuat kulit semakin berminyak. Nah, itu bisa jadi disebabkan kandungan minyak yang tinggi dalam pelembap yang kamu pakai.

Carilah pelembap yang oil-free, biasanya berbentuk gel seperti produk gel aloe vera yang sudah bisa dengan mudah ditemukan. Pelembap jenis ini akan membantu menghidrasi kulit tanpa membuat kulit semakin berminyak.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya, kulitmu akan terasa semakin lembap. Bukan hanya menjadi lebih elastis, kamu akan terlihat lebih berseri dan cerah.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

TIPS & TRIK MENANG LOMBA ARTIKEL
14 Juni 2017
Cara Membuat Klepon
13 Januari 2020
Tips Berkendara di Musim Hujan
17 Februari 2020
Lakukan Hal Ini Agar Tetap Fit Saat Bergadang
24 Februari 2020
8 Tips Memilih Laptop Desain Grafis
26 Februari 2020
Jangan Bersihkan Elektroda Busi dengan Amplas
12 Maret 2020

Komentar