Tips Hidup Sehat Di Kost

access_time | label Berita

Terdapat beberapa poin penting untuk menjaga kesehatan Anda sebagai anak kost, diantaranya adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini :

 

1. Perhatikan Makanan Anda

Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Jenis makanan harus sehat dan bergizi serta higienis. Pilih dari bahan sayur-sayuran serta buah-buahan yang segar dengan kualitas baik.

2. Rutin Berolahraga

Seringkali Anda merasa malas berolahraga, padahal seharusnya olahraga harus rutin dilakukan setiap hari. Banyak sekali manfaat dari olahraga, selain tubuh lebih sehat dan bugar, Anda juga dapat mencegah penyakit atau menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh Anda lebih baik lagi. Olahraga juga membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar dan teratur. 

3. Perhatikan Pola Belanja Anda

Dalam penerapan pola hidup sehat anak kost, selain pola makan, jenis makanan, serta gaya hidup sehat yang dilakukan dengan cara berolahraga, Anda dapat pula mempertimbangkan mengenai pola berbelanja Anda. Memang benar memasak sendiri menu makanan Anda akan lebih sehat dan hemat, namun Anda perlu memperhitungkan pula mengenai daftar belanjaan atau kebutuhan belanja konsumsi Anda. 

4. Jaga Kebersihan

Tinggal di tempat kost, mungkin akan membuat Anda menjadi orang yang lebih malas. Malas dalam hal membersihkan tempat kost. Hal ini bisa dikarenakan Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membersihkan tempat kost. Waktu Anda sudah tersita untuk bekerja atau belajar di kampus. Sehingga ketika sampai kost, Anda akan langsung tertidur karena kecapaian atau sibuk menyelesaikan tugas kampus. Padahal yang perlu Anda ketahui adalah, kebersihan kost sangat penting.

 

 

5. Pilih Tempat Kost yang Baik

Pemilihan kost adalah hal utama dalam menentukan pola hidup sehat anak kost. Jika sejak awal Anda sudah salah memilih kost, maka untuk seterusnya Anda akan kesulitan dalam menerapkan tahapan-tahapan kebersihan dan cara hidup sehat selama di kost.

6. Hindari Hal-Hal Berikut

Selain menerapkan tips hidup sehat seperti yang telah dipaparkan di atas, ada beberapa hal yang juga perlu Anda hindari. Banyak kebiasaan buruk disekitar Anda yang secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan Anda sebagai anak kost. Jika lingkungan yang buruk ditambah dengan ketidaktahuan Anda akan akibat buruknya akan membuat semakin membahayakan kesehatan Anda.

A. Rokok

B. Minuman Keras

C. Bising hingga Larut Malam

E. Pergaulan Bebas

Tags

Penulis

ahmadikhmaludinaziz
smk wikarya karanganyar
1000

Artikel Terkait

Komentar