Jangan Sampai Tertipu Kecantikannya, 4 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun

access_time | label Berita

Jangan Sampai Tertipu Kecantikannya, 4 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun

Memiliki rumah dengan banyak pohon dan tanaman hias membuat rumah terlihat lebih sejuk. Namun memilih tanaman yang berwarna warni belum tentu terjamin keamanannya. Karena ada beberapa tanaman hias justru beracun.

Tak jarang tanaman hias beracun ini malah termakan oleh anak-anak di rumah. Bahkan dampak buruknya bisa menyebabkan kematian. Agar kita makin berhati-hati dalam memilih tanaman hias, berikut adalah tanaman hias yang beracun yang harus kita waspadai:

1. Tanaman Dolar (ZZ Plant)

tanaman hias ini umumnya ditempatkan di dalam ruangan, namun harus disadari bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar mengandung racun.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar ini beracun karena mengandung senyawa oksalat, sehingga dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. Jika di rumah kamu ada tanaman seperti ini jaga balita agar tidak mendekati tanaman ini.

2. Tanaman Kuping Gajah (Caladium)

Kuping gajah sebagai tanaman hias termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi yang menyimpan racun. Walau bentuk dan warnanya sangat indah sebagai tanaman hias, namun daun kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara.

Hindari juga anak-anak dari tanaman hias ini, si Kecil yang senang bereksplorasi bisa saja menggosok daun kuping gajah ke tangannya. Padahal ini akan menyebabkan kulitnya gatal dan seperti ada sensasi terbakar. Daun tanaman hias ini apabila sampai tertelan dapat memicu terjadinya pembengkakan pada lidah dan mulut. Dalam jangka panjang, efeknya dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.

3. Lidah Mertua (Sanseviera)

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan digemari banyak orang yaitu lidah mertua. Tanaman ini menghiasi setiap pot di dalam rumah.

Jika diperhatikan bentuknya, lidah mertua memiliki bentuk seperti pedang. Walau terlihat indah perlu disadari bahwa tanaman hias ini beracun, meskipun kadar racunnya tidak terlalu tinggi. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari tanaman ini bisa memicu muntah-muntah dan diare.

4. Sri Rejeki (Dieffenbachia)

Sebagai tanaman hias dieffenbachia seringkali disebut dengan daun bahagia atau sri rejeki. Sri rejeki termasuk jenis tanaman hias yang diincar oleh para pecinta tanaman.

Namun, mungkin banyak yang belum menyadari bahwa tanaman hias ini mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Terdapat kalsium oksalat yang terkandung di dalam batang dan daunnya, sehingga menyebabkan gatal-gatal pada bagian bibir dan lidah.

Setelah tau kamu bisa lebih berhati-hati lagi saat meletakan atau membeli tanaman hias.

Tags

Penulis

Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Komentar