Wow, Ternyata Kacang Ijo memiliki Banyak Manfaat!

access_time | label Berita

Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae), mengandung gizi / nutrisi yang begitu bermanfaat.

Dulunya orang-orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan, seperti menurunkan panas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kadang kacang ijo juga dijadikan pemanis atau perasa dalam makanan. Biasanya Roti dan sejenis es. Hingga sampe saat ini kacang ijo tetap menjadi idaman masyarakat.  Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino.

Berikut Beberapa manfaat kacang ijo yang wajib kalian Ketahui !!

  • Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki senyawa untuk memerangi infeksi virus. Zat ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel yang memicu kanker payudara. Zat di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel tumor.

  • Menurunkan kolesterol

Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu meurunkan kadar kolesterol.
Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

  •   Menjaga kesehatan jantung

Senyawa flavonoid yang tinggi dan antioksidan secara umum memiliki sifat anti-inflamasi. Subjek tes dari sennyawa ini, hasilnya berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

Penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke umumnya disebabkan oleh aktivitas trombotik, senyawa flavonoid di dalam kacang hijau membantu untuk mencegah bahaya ini.

 

Itulah beberapa manfaat yang kalian dapatkan jika mengonsumsi kacang ijo sesuai batasan.

Tags

Penulis

Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

Komentar