Logo Eventkampus

pengertian headset

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
pengertian headset

HEADSET

Pengertian Headset

Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telephone seluler.

FUNGSI HEADSET :

Fungsi utamanya adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.  

Macam Macam Headset

  1. HEADSET headset adalah gabungan antara Headphone dan microphone. Alat ini berbentuk seperti bando dengan speaker kecil berbentuk lingkaran di ujungnya dan di salah satu sisinya terdapat microfon kecil. Alat ini sering digunakan untuk keperluan komunikasi misalnya digunakan oleh seorang customer service.
  2. HEADPHONE Berbentuk seperti Headset, namun pada alat ini tidak terdapat microphone. Biasa digunakan untuk mendengarkan musik, namun tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Alat ini biasanya lebih portable dibandingkan Headset.
  3. BACKPHONE Alat ini sebenarnya sama saja dengan Headphone, namun penggunaanya saja yang sedikit berbeda. Alat ini tidak dilingkarkan diatas kepala namun dilingkarkan di belakang kepala. Alat ini lebih portable dibandingkan HEADPHONE dan biasanya digunakan untuk kegiatan olah raga.
  4. EARPHONE Earphone sendiri berbentuk lebih kecil daripada headphone ataupun headset. Cara menggunakannya juga berbeda yaitu tidak dilingkarkan di atas kepala seperti bando, namun dimasukan atau ditempelkan pada lubang telinga.

 

Bahaya menggunakan headset

  1. Sakit Telinga Permanen Jika Anda secara terus menerus menggunakan earphone dan mendengarkan suara yang terlalu keras bisa menyebakan masalah pada telinga. Selain itu, frekuensi pemakaian earphone yang terlalu lama juga dapat menimbulkan sakit serta kerusakan telinga secara permanen, seperti pecahnya gendang telinga hingga tuli.
  2. Kehilangan Pendengaran apabila Anda mendengarkan musik melalui earphone dengan volume tinggi dalam jangka waktu lama dan sudah dilakukan sejak usia muda, maka potensi kehilangan pendengaran dini akan semakin cepat terjadi.
  3. Infeksi Telinga Sangat besar kemungkinannya Anda bisa mengalami infeksi telinga.Anda belum tentu tahu apakah telingan orang lain yang menggunakan earphone tersebut bersih atau tidak.
  4. Penyumbatan Saluran Telinga Design earphone yang kecil dan menutupi telinga sepenuhnya membuat tertutupnya jalannya udara menuju telinga. Nah, jika Anda terlalu lama menggunakannya maka bisa menyebabkan infeksi telinga.
  5. Efek Pada Otak Hal ini karena perangkat ini juga bias memancarkan gelombang elektromagnetik serta radiasi pada saraf otak sehingga dapat memicu kerusakan pada otak

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar