Cara Menjadi Siswa Terbaik di Kelas

access_time | label Tips & Trik
Cara Menjadi Siswa Terbaik di Kelas

Siapkan otak dan tubuh Anda untuk belajar. Anda baru bisa menjadi yang terbaik dan menjalani masa sekolah yang paling menyenangkan jika tubuh Anda siap untuk belajar! Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan tubuh Anda, misalnya dengan:

  • Mencukupi kebutuhan tidur. Anda harus cukup tidur agar otak Anda bisa bekerja sebaik mungkin. Anda harus tetap dalam kondisi terjaga hampir sepanjang hari. Jika mengantuk setelah makan siang, ini artinya Anda kurang tidur. Hampir setiap orang harus tidur malam sekurang-kurangnya 8 jam.
  • Tubuh Anda tidak bisa berfungsi dengan baik jika hanya mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti keripik, permen, dan hamburger. Jika Anda ingin menjadi siswa terbaik, makanlah sayuran (brokoli, misalnya), buah-buahan, dan daging rendah protein (misalnya ayam dan ikan).
  • Minumlah cukup banyak air putih. Otak kita harus cukup cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Pada kenyataannya, seluruh tubuh kita membutuhkan cairan agar bisa bekerja dengan baik. Minumlah beberapa gelas air putih setiap hari, tetapi ada orang-orang yang membutuhkan air putih lebih banyak ketimbang yang lainnya. Minumlah lebih banyak air putih, jika air seni Anda warnanya agak gelap. Banyak minum air putih membuat air seni menjadi jernih.

Belajarlah dengan cara yang paling sesuai untuk Anda. Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk belajar dengan baik, inilah yang disebut gaya belajar.[1]Carilah cara belajar yang paling sesuai untuk Anda dan terapkan sebaik mungkin. Cara ini akan mudah Anda terapkan saat belajar di rumah, tetapi Anda bisa mengusulkan agar guru Anda mengajar dengan cara yang bisa mengakomodir gaya belajar yang berbeda.

  • Contohnya, apakah Anda sangat mudah menghafal bagan atau gambar? Mungkin Anda adalah pelajar visual. Ini berarti Anda akan belajar lebih baik dengan melihat banyak gambar atau foto-foto. Contoh yang bisa menjelaskan hal ini adalah saat Anda merasa lebih mudah menghafalkan naskah pidato dengan membuat bagan.
  • Mungkin Anda merasa lebih mudah belajar sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Atau, Anda tidak ingat lagi apa yang tadi guru Anda tulis di papan, tetapi masih “terdengar” apa yang ia jelaskan seperti sedang bersama Anda saat ini. Mungkin Anda adalah pelajar auditori yang lebih mudah belajar melalui suara. Contoh yang bisa menjelaskan hal ini adalah saat Anda lebih mudah mengerjakan PR atau belajar di rumah sambil mendengarkan lagi rekaman saat guru Anda mengajar di kelas.
  • Mungkin Anda pernah menyadari pengalaman ini saat mengikuti pelajaran. Walaupun ingin tetap duduk memperhatikan, tetapi rasanya Anda harus berdiri dan berjalan. Mungkin Anda senang berkeliling di dalam kelas selama pelajaran. Ini artinya Anda adalah pelajar kinestetik yang lebih mudah belajar sambil melakukan aktivitas fisik. Cobalah mendengarkan guru Anda menjelaskan sambil memainkan clay.

Berusahalah memperhatikan dengan baik. Cara terbaik untuk memperbaiki nilai dan lebih banyak belajar adalah dengan memperhatikan saat guru Anda menjelaskan. Jika perhatian Anda mudah teralihkan, Anda akan kehilangan informasi penting dan lebih sulit mengerti apa yang dijelaskan atau saat Anda belajar di rumah.

  • Jika Anda tidak bisa berfokus saat guru menjelaskan, duduklah di bangku paling depan dan lebih banyak berpartisipasi selama pelajaran. Angkat tangan dan ajukan pertanyaan jika ada yang belum Anda mengerti atau saat guru Anda mengatakan hal yang menarik dan ingin Anda ketahui lebih lanjut.

Belajarlah mencatat. Mencatat (dan mencatat “dengan baik”) bukanlah hal yang mudah, tetapi adanya catatan sangat membantu Anda belajar dan melakukan studi. Dengan demikian, nilai dan hasil tes Anda akan membaik. Tetapi, Anda tidak perlu mencatat semua yang guru Anda ucapkan. Tulislah hal-hal yang paling penting dan yang sulit diingat.

Berusahalah mengerjakan PR dengan baik pada waktunya. Walaupun tidak mendapat nilai sangat baik untuk PR, nilai Anda bisa terus meningkat dengan mengerjakan PR pada waktunya sebaik mungkin. Mintalah bantuan seseorang jika ada yang tidak Anda mengerti. Guru Anda mungkin bisa mencarikan tutor atau bahkan ia sendiri yang membantu Anda.

  • Buatlah jadwal agar Anda punya cukup waktu untuk menyelesaikan PR. Mungkin Anda harus mulai mengurangi nonton TV atau lebih jarang berkumpul dengan teman-teman, tetapi cara ini akan sangat membantu.
  • Lingkungan yang nyaman untuk belajar akan sangat membantu Anda mengerjakan PR dengan baik. Carilah tempat yang tenang agar Anda tidak terganggu. Perpustakaan adalah tempat belajar terbaik. Jika Anda tidak bisa keluar rumah dan suasana rumah sangat bising, cobalah belajar di kamar mandi.

Carilah cara belajar yang lain. Mempelajari hal-hal yang tidak diajarkan di kelas akan membantu Anda memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik dan bisa membuat guru Anda terkesan. Mencari informasi yang paling Anda sukai juga akan membuat Anda tetap berfokus selama pelajaran. Carilah berbagai cara untuk mempelajari semua subjek yang ingin Anda ketahui agar sekolah terasa lebih menyenangkan dan Anda bisa lebih sukses lagi dalam belajar.

  • Contohnya, jika Anda sedang belajar sejarah Amerika, putarlah film-film dokumenter di internet untuk mengetahui lebih jauh tentang era yang ingin Anda pelajari.
  • Anda bisa belajar berbagai hal dari buku-buku perpustakaan, tetapi bisa juga melalui internet. Wikipedia bisa sangat membantu, walaupun informasinya tidak selalu benar. Anda juga bisa mencari film-film dokumenter atau video pendidikan di YouTube.
  • Tetaplah belajar di hari libur. Isilah liburan sekolah atau akhir pekan dengan belajar. Anda bisa mengikuti program pertukaran pelajar atau mengikuti kursus dan mulailah mempersiapkan diri untuk tahun ajaran berikutnya setelah menentukan apa yang ingin Anda pelajari. Saat liburan panjang, cobalah membaca lagi pelajaran yang sudah diajarkan atau mulailah membaca materi pelajaran baru dua sampai tiga jam setiap hari, tiga sampai empat hari seminggu agar Anda lebih siap.

Belajarlah lebih awal. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nilai tes yang baik adalah dengan mempersiapkan diri dengan belajar sedini mungkin. Jangan tunda sampai malam terakhir. Jika tesnya sulit, Anda harus mulai belajar jauh-jauh hari, mungkin dua atau tiga minggu sebelumnya.

Nah itu tadi tips dan trik cara menjadi mahasiswa terbaik di kelas, semoga ilmunya bermanfaat 

 

Sumber : https://id.wikihow.com/Menjadi-Siswa-Terbaik-di-Kelas

Share

Komentar