Logo Eventkampus

Terungkap! Ini Dia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Menguning

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Terungkap! Ini Dia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Menguning

    Hampir semua orang punya baju putih di lemarinya, baik kaos ataupun kemeja. Baju warna putih memang mudah di-mix-and-match dengan warna-warna lainnya dan bisa digunakan untuk berbagai momen, mulai dari yang santai sampai dengan yang formal seperti kondangan.

    Namun, kendala utama baju putih ini adalah cara merawatnya. Kalau sampai salah, bisa-bisa baju putihmu akan menguning dan terlihat kusam. Duh, pasti jadi malas deh pakainya lagi! Supaya ini tidak terjadi, lebih baik cek dulu cara mencuci baju putih yang tepat berikut ini. Yuk, disimak cara berikut ini! 

1. Sortir Cucianmu

Sebelum mencuci, pastikan kamu memisahkan baju putihmu dengan yang warna lainnya. Sehingga, jika warna baju lain ini luntur, tidak akan memengaruhi baju putih.

2. Mencucilah Sesuai Kapasitas Mesin

Hindari mencuci baju terlalu banyak sekaligus. Selain akan merusak mesin cuci, teknik mencuci seperti ini juga akan membuat baju justru tidak bersih. Jika jumlah baju melebihi takaran air, sabun deterjen justru malah akan menempel dan tidak terbilas sempurna. Ikutilah petunjuk pemakaian yang tertera pada mesin cuci dengan baik ya!

3. Gunakan Deterjen Khusus Baju Putih

Beberapa deterjen memang dikhususkan untuk baju berwarna putih. Kandungan pemutihnya akan membuat bajumu tetap putih. Tapi, jangan sampai kamu salah menggunakan deterjen ini untuk baju-bajumu yang berwarna ya!

4. Gunakan Suhu Air Sesuai Label Baju

Beberapa baju dianjurkan untuk dicuci dengan air suhu tertentu. Tujuannya untuk menghilangkan noda minyak dan keringat yang menempel dengan lebih mudah. Selain warna, kamu bisa juga mengelompokkan baju sesuai dengan teknik mencucinya.

5. Bilas dengan Pemutih Jika Masih Tersisa

Menemukan sisa noda membandel pada baju putihmu yang sudah dicuci? Sebelum kamu menjemurnya, bersihkan saja kembali menggunakan sabun pemutih yang dijual di pasaran.

6. Setrika dengan Suhu Sedang

Hindari menyetrika baju putihmu dengan suhu yang terlalu panas ya! Ini bisa menyebabkan baju putih mudah kusam atau bahkan timbul noda kekuningan. Setrika saja dengan suhu sedang, atau menyesuaikan dengan cara perawatan yang tertera pada label.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar