Logo Eventkampus

Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setelah bangun dari tempat tidur, hal yang dirasakan pertama kali adalah segar dan bersemangat untuk beraktivitas. Manusia membutuhkan tidur untuk mengembalikan stamina tubuh. Tentu akan sangat mengganggu jika ketika bangun tidur, kamu justru merasa lelah. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

A.     Kamu Terlalu Banyak Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang merasa lelah. Namun terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan dampak yang sama pada tubuh seseorang. Hal ini bisa mengganggu pola tidur yang kamu miliki selama ini. Perubahan pola tidur yang kamu alami ini dapat menguras energi sehingga kamu terus merasa lelah.

Cara Mengatasinya: Ketahui berapa jumlah jam tidur yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Jika kamu sudah mengetahui jumlah yang tepat, pertahankan jumlah jam tersebut.

B.      Mengonsumsi Minuman Tertentu

Minuman yang kamu konsumsi juga bisa jadi biang kerok masalah tidur yang kamu alami ini. Dua minuman yang bisa jadi penyebab utama dari hal ini adalah alkohol dan juga kafein. Dampaknya, rasa lelah bakal kamu alami usai terbangun dari tidur malam hari.

Cara Mengatasinya: Kurangi asupan dari alkohol dan kafein sehari-hari. Pastikan juga jangan mengonsumsi minuman ini sebelum tidur.

C.      Kamu Sedang Sakit

Ketika kamu merasa lelah walau baru bangun tidur, bisa jadi tubuhmu sedang sakit. Ketika melawan penyakit, sistem kekebalan tubuh bakal menyerap banyak energi untuk melakukannya. Hal ini bisa membuatmu jadi sangat mengantuk karena tubuh bakal menahan diri untuk pemulihan.

Cara mengatasinya: Ketika tubuh sedang tidak sehat, segera tidur dan hindari aktivitas yang menguras energi. Pastikan juga asupan air minum cukup dan konsumsi makanan sehat bernutrisi.

D.     Berolahraga Terlalu Keras

Berolahraga sebelum tidur bisa mempengaruhi jam tidurmu dan jika jaraknya terlalu dekat bisa membuatmu sulit tidur. Namun olahraga di pagi hari juga dapat membuatmu kesulitan tidur terutama jika dilakukan terlalu keras. Olahraga ini membuat tubuh menjadi tegang dan sulit rileks untuk mulai tertidur.

Cara mengatasinya: Usai berolahraga terutama yang sangat keras, usahakan untuk beristirahat. Istirahat selama satu atau dua hari dan lakukan olahraga yang ringan untuk memulihkan tubuh seperti berjalan atau yoga.

Jika sejumlah hal di atas tidak menjadi penyebab rasa lelahmu sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Bisa jadi kamu tengah mengalami masalah kesehatan yang perlu ditangani. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar