7 TIPS MANAJEMEN WAKTU BIAR NGGAK PUSING!

access_time | label Opini
Bagikan artikel ini
7 TIPS MANAJEMEN WAKTU BIAR NGGAK PUSING!

Ada nggak sih dari kalian yang sering banget pusing karena banyak tugas menumpuk? Saking banyaknya seringkali kalian ngerasa kebingungan buat ngerjain tugas yang mana dulu. Eitss, tenang dulu, disini akan dibahas lebih lanjut cara membagi waktu dengan baik agar tugas-tugasmu bisa cepat kelar. Yuk simak!

Prioritaskan pekerjaan penting dan mendesak

Untuk bisa menggunakan waktu dengan bijak, langkah pertama kamu harus mengetahui terlebih dahulu tugas atau kegiatan apa saja yang akan kamu kerjakan dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu urutkan berbagai kegiatan dari yang paling penting . kamu juga bisa menuliskannya di selembar kertas agar memudahkanmu dalam menyusun skala prioritas.

Belajar bilang ‘tidak’

Siapa nih yang ngerasa nggak punya waktu buat ngerjain tugas tapi gapernah nolak waktu diajak temen nongkrong? Hayo ngakuuu! Seringkali menolak ajakan teman memang bukanlah sesuatu hal yang mudah, kadang kala ngerasa gaenak buat nolak, takut dibilang sombong lah karena gamau nongkrong, takut dibilang sok sibuk dan lain-lain. Kekhawatiran tersebut sebenarnya lumrah saja apalagi kalo yang ngajak nongkrong adalah temen yang udah deket banget sama kita, namun dilain sisi kita juga perlu menyadari bahwa semakin bertumbuhnya usia kita juga perlu mengetahui prioritas pada diri sendiri. Sebenarnya, nongkrong dan kumpul bareng temen sah-sah saja, karena kegiatan itu juga dapat me-recharge energimu. Tapi, kalau memang kamu lagi punya tugas atau pekerjaan yang sangat penting dan mendesak alangkah baiknya kamu juga perlu belajar untuk menolak ajakan teman kalian tersebut. Tolak ajakan mereka dengan cara yang halus dan cobalah untuk jujur bahwa kamu sedang sibuk mengejar target sekolah/ pekerjaanmu.

Berhenti bermain sosial media

Siapa nih yang suka scrolling sosial media sampai lupa waktu? Bermain sosial media seperti instagram, tiktok, twitter memanglah seru dan mengasyikkan. Saking asiknya, seringkali kita lupa bahwa kita sudah menghabiskan waktu kita berjam-jam hanya untuk hal yang tidak bermanfaat. Bahkan, tugas dan pekerjaan penting jadi tertunda penyelesaiannya karena saking asiknya scrolling sosmed. Siapa nih yang kayak gitu? Wah, sebaiknya jangan lagi ya. Agar bisa memanfaatkan waktu kalian dengan baik alangkah baiknya kalian harus mengatur jadwal dan membatasi diri kalian untuk bermain sosmed. Dengan begitu, tugas dan pekerjaan yang lebih penting bisa kalian selesaikan dengan maksimal.

Selesaikan pekerjaan dalam satu waktu

Menyelesaikan satu pekerjaan di satu waktu dapat melatih kalian menjadi seseorang yang disiplin. Dengan menerapkan stragegi ini, list tugas atau pekerjaanmu yang bertumpuk dapat segera berkurang. Selain itu, menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu dapat menghindarkan diri kalian dari sikap menunda-nunda, sehingga pekerjaan dapat selesai lebih cepat.

Buat deadline

Mulai sekarang cobalah membuat deadline pada setiap pekerjaanmu. Dengan memberi target pada setiap tugas, kalian akan menjadi pribadi yang lebih terstruktur dan dapat terhindar dari sikap bermalas-malasan.

Fokus dan jauhkan diri dari gangguan

Agar dapat menggunakan waktu sebaik mungkin, kalian harus menyingkirkan hal-hal yang berpotensi mengganggu prosesmu dalam penyelesaian pekerjaan misalnya menyingkirkan handphone, mematikan televisi, dan lain-lain. Meskipun terlihat sepele, tak bisa dipungkiri bahwa gangguan tersebut dapat menggangu fokus kalian dalam mengerjakan tugas/pekerjaan yang berujung pada penyelesaian pekerjaan yang lebih lama.

Atur pengingat di ponselmu

Jika kalian seorang yang pelupa, alangkah baiknya kalian memasang pengingat di ponselmu agar tidak ketinggalan untuk melakukan pekerjaan atau tugas tertentu.

Buat agenda harian

Untuk memastikan waktu kalian tidak terbuang dengan sia-sia, kalian bisa membuat agenda harian yang berisi rencana mengenai aktivitasmu setiap hari. Dengan membuat agenda harian, tidak hanya pekerjaan, namun kalian juga bisa mengetahui apa yang seharusnya kalian lakukan di jam-jam tertentu termasuk mengetahui kapan waktu bermain sosmed dan istirahat. Dengan begitu, kalian bisa belajar mengatur diri kalian untuk tetap disiplin dan agar terhindar kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat.

Gimana guys? Gampang kan tipsnya?! Jangan lupa diterapin yaa. Semoga kita semua menjadi pribadi yang tidak mudah menyia-nyiakan waktu yang kita miliki.


Kredit gambar: https://id.pinterest.com/pin/1051238737990389831/

Penulis

foto Vyta Bella
Vyta Bella

Komentar