Logo Eventkampus

TERNYATA TIDUR SIANG MEMBUAT TUBUH MENJADI SEGAR

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
TERNYATA TIDUR SIANG MEMBUAT TUBUH MENJADI SEGAR

 

Saat kita bekerja sering kita merasa ngantuk terutama pekerja kantoran yang bekerja pikirannya namun,ngantuk bisa atasi dengan tidur siang. Nah ini ada beberapa fakta tentang tidur siang

1. Wajar jika Anda mengantuk di siang hari meski sudah cukup tidur malam

Faktanya, hampir rata-rata orang mengantuk di siang hari. Hal ini sebenarnya normal dan wajar. Tubuh akan mengalami dua kali puncak kelelahan dalam satu hari, yaitu pada tengah malam maupun di siang hari.

Jadi, apa salahnya jika Anda luangkan waktu sebentar saja untuk menghilangkan rasa kantuk. Tak perlu terlalu lama, ya, karena tidur siang terlalu lama malah akan membuat tidur malam Anda terganggu – lagi pula Anda tidak memiliki waktu yang banyak jika sedang di kantor.

2. Tidur siang terlalu lama malah bisa membuat perasaan Anda tidak nyaman

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman setelah tidur di tengah hari bolong? Hal yang Anda alami itu disebut dengan inersia tidur. Inersia tidur adalah perasaan canggung dan tidak nyaman yang timbul akibat bangun dari tidur yang lelap. Kondisi tersebut disebabkan oleh waktu tidur yang terlalu lama.

Para ahli menyebutkan bahwa tidur di siang hari memang tidak perlu terlalu lama, yang terpenting adalah kualitasnya. Maksimal durasi yang dibutuhkan untuk tidur  siang hanyalah 30 menit. Oleh karena itu Anda tetap masih bisa melakukannya meski sedang di kantor.

3. Tidur siang lebih efektif usir kantuk dibanding minum kopi

Kopi yang mengandung kafein memang dapat diandalkan untuk mengusir rasa kantuk. Tapi di lain sisi, justru secangkir kopi yang Anda minum tersebut dapat menurunkan performa memori, sehingga dapat membantu aktivitas Anda. Jadi untuk mengembalikan fokus Anda, yang harus dilakukan adalah biarkan tubuh istirahat dan tidur siang sesaat.

4. Semua orang butuh tidur siang

Tentu saja bukan berarti orang yang tidur di siang hari sudah pasti memiliki sifat pemalas. Justru tidur di tengah hari bisa bikin Anda lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA, menemukan bahwa tidur siang selama 40 menit dapat meningkatkan fokus para pilot. Bahkan menurut penelitian dari Harvard University, tidur 10 menit saja sudah bisa meningkatkan produktivitas pekerja.

5. Tidur siang di kantor bisa bikin lebih produktif

Tak hanya anak kecil, orang sakit, atau lansia saja yang boleh tidur di siang hari. Para pekerja sebenarnya juga sebaiknya membiasakan tidur siang. Tak perlu terlalu lama atau berjam-jam, Anda hanya perlu menggunakan setengah atau seperempat waktu istirahat Anda untuk memejamkan mata dan membuat diri lebih nyaman.

Selain membuat Anda lebih produktif, diketahui juga bahwa tidur di siang hari dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga pekerjaan Anda lebih cepat selesai dan baik hasilnya.  

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Komentar