Awal Mula Terbentuknya Danau Toba

access_time | label Berita
Awal Mula Terbentuknya Danau Toba

Awal Mula Terbentuknya Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau alam yang sangat terbesar di dunia, tekto vulkanik yang menempati Kaldera dari sebuah Supervulkan. Danau terindah ini juga memiliki ukuran panjang sekitar 100 Kilometer, lebarnya sekitar 30 kilometer dan kedalaman dari danau ini mencapai hingga 505 meter atau setara dengan 1.666 kaki, di tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau Vulkanik yaitu Pulau Samosir.

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba -Samosir.

SEJARAH TERBENTUKNYA DANAU TOBA DAN PULAU SAMOSIR

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau besar di Danau Toba dimana di Pulau Samosir sendiri terdiri dari enam kecamatan dari sembilan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Samosir.  Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman bisa mencapai 505 m yang berada di ketinggian 900 meter. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanologi terbesar di dunia. Pulau Samosir sendiri memiliki luas 640 km2 dan merupakan pulau tengah danau kelima terbesar di dunia.

Danau Toba dan Pulau Samosir terbentuk dari letusan gunung berapi maha dahsyat sekitar 69000 sampai 77000 tahun yang lalu dengan skala 8.0 Volcanic Explosivity Index (VEI) . Skala 8.0 VEI dideskripsikan sebagai letusan supervulkanologi sangat dahsyat yang memuntahkan >1000 km3 material letusan dengan ketinggian letusan mencapai 50km dan mempengaruhi suhu dan kondisi di lapisan toposphere dan stratosphere bumi.

Letusan dari Toba telah menurunkan temperatur bumi sekitar 3 sampai 5 derajat celcius dan mencapai 15 derajat celcius pada latitude yang lebih tinggi, populasi manusia di bumi yang meninggal sampai 60%.

Berbagai keunikan-keunikan yang dimiliki oleh Samosir :

  1. Samosir merupakan Pulau vulkanik terbesar di dunia pada ketinggian 1.000 dpl Diperkirakan Danau Toba terjadi saat letusan gunung berapi super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu.
  2. Danau Toba adalah danau terluas di Asia Tenggara. Sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta kedalaman terjauh kira-kira 400 meter
  3. Pulau Samosir merupakan warisan Dunia berdasarkan Pengukuhan Geopark Global Network di tahun 2014
  4. Pusuk Buhit merupakan Gunung di Samosir yang dipercaya sebagai tempat asal muasal orang Batak
  5. Orang batak lebih senang dan lebih pantas disebut bangso (bangsa) Batak dari pada suku batak, dikarenakan orang batak memiliki kriteria yang bisa disebut bangsa, antara lain : memiliki adat istiadat, pakaian khas adat batak, kesenian khas batak, alat musik khas batak, aksara batak, makanan khas,
  6. Di Pulau Samosir terdapat 3 Danau yang disebut Danau diatas danau, antara lain Danau Sidihoni, Danau Aek Natonang dan Danau Aek Porohan,dan lain lain.

Tags

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Share

Komentar