Logo Eventkampus

CARA MENGATASI GIGITAN NYAMUK

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
CARA MENGATASI GIGITAN NYAMUK

 

Gigitan nyamuk memang salah satu masalah yang mensalkan ketika kita digigit nyamuk. Apalagi kita di daerah perkotaan yang banyak sampak sambah dan genangan air sehingga menyebabkan banyak nyamuk. Salah satu serangga paling menyebalkan adalah nyamuk. Tak cuma suara, gigitannya bikin bentol dan gatal paling dihindari orang.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk membasmi nyamuk mulai dari fogging sampai menggunakan obat nyamuk bakar dan  beberapa nyamuk bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Untuk itulah, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam dan luar rumah untuk meminimalisasi jumlah nyamuk. Berikut beberapa penanganan setelah di gigit nyamuk.

1. Menempelkan benda dingin

Anda bisa menggunakan benda-benda dingin seperti es batu untuk ditempelkan ke kulit yang gatal. Ini bisa memberikan bantuan sementara dalam mengatasi gigitan nyamuk.

Meskipun begitu, cara ini tidak bisa 'mengusir' protein air liur dari nyamuk. Paling tidak, hal tersebut bisa menenangkan gatal di kulit untuk untuk sementara.

2. Baking soda

Oleskan baking soda (disiapkan dengan mencampurnya bersama sedikit air) di area gigitan untuk meringankan rasa gatal.

Jika kulit yang gatal meluas, tambahkan sedikit baking soda ke air mandi Anda.

3. Alkohol

Belilah tisu beralkohol di apotek terdekat dan gosokkan pada area yang digigit nyamuk. Ini bisa membunuh protein nyamuk yang ditinggalkan di kulit

4. Menggunakan krim anti-inflamasi

Memakai krim anti-inflamasi akan mencegah gatal dengan menjaga rasa panas yang diinduksi gigitan tetap rendah.

Nah untuk kalian yang belum tau caranya kalian harus bisa waspada sebelum nyamuk mrmgigit anda. Beberapa kewaspada jika kamu tidak inggin di gigitnyamuk.

  1. Jika kalian tidur usahkan matikan lampu anda disamping menyehatkan tubuh, juga membantu agar tidak digigit nyamuk.
  2. Sebelum tidur pastikan kamu sudah menyemprot bagian ruangan kalian biar nyamuk berkurang.
  3. Hati hati dengan air yang bergenang disekitar rumahmu. Hindari itu karena air yang menggenang menyebabkan nyamuk bertambah banyak karena bisa berkembang.
  4. Hindari juga pakain basah/kotor di dekat kamarmu karena nyamuk nyamuk bisa berkumpul disitu.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Komentar