Logo Eventkampus

Jadah Tempe Burgernya Jawa Tengah | Burger Jogja

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Jadah Tempe Burgernya Jawa Tengah | Burger Jogja

Jadah Tempe makanan yang wajib dicoba ketika kita liburan ke Jogja. Makanan salah satu warisan kuliner tradisional. Jadah tempe ini sering disamakan dengan burger. Ya, memang jadah tempe adalah Burgernya orang Jawa. Memangnya Apa sih JadaH Tempe itu? Jadah tempe itu berisi Jadah atau gemblong dengan tempe bacem. untuk pembuatanya jadah terbuat dari beras ketan yang diolah dengan santan kelapa, sedangkan tempe nya dimasak dengan bumbu kecap dalam waktu yang lama hingga bumbu meresap.

Kumudian jadah yang gurih dan tempe bacem yang legit disajikan dengan cabe rawit yang segar.

Pertama kali Jadah tempe dibuat dan dijual oleh Sastro Dimono atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Carik di Kaliurang, Jogjakarta pada tahun 1950an. Jadah Tempe ini menjadi terkenal karena Sultan Hamengkubuwono XI menyukai makanan ini. Beliau sering mengutus pengawalnya untuk membeli jajan ini ke kaliurang, Hingga banyak kerabat keraton penasaran dan ingin membelinya.

Sebenarnya apa sih keunikannya kok biasa sepopuler itu?

Keunikannya terdapat pada jadahnya yang lembut dan gurih berbeda dengan tempe yang kasar dan manis khas Jogja.

Seiring jalanya waktu kini Jadah tempe tidak hanya dijual di Kaliurang  karena banyak yang menikmati. Sekarang Jadah Tempe menjadi makanan popular dikalangan manapun . kini kita dapat menjumpai jadah tempe dikawasan Jogja, seperti di Pasar Beringharjo atau sekitaran jalan Malioboro dan harganya pun terjangkau.

Pastinya kamu Penasaran dong dengan Burger Jawa ini iyakan. Selamat mencoba gaeesss,,

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar