Logo Eventkampus

Fakta Mengejutkan Tumbuhan Bunga Wijayakusuma

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Mengejutkan Tumbuhan Bunga Wijayakusuma

Bunga Wijayakusuma (Epiphyllumanguliger) termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae, tumbuhan ini mampu hidup pada daerah beriklim sedang sampai beriklim tropis.

Bunga Wijayakusuma adalah bunga unik dan langka yang cukup banyak dijumpai di Indonesia. Hal yang membuat heran tetang bunga ini yaitu menyaksikan bunga ini mekar yang begitu langka. Saking langkanya, sampai berkembang mitos bahwa baranng siapa yang dapat menyaksikan bunga wijayakusuma mekar akan mendapat keberuntungan.

Bunga Wijayakusuma hanya mekar beberapa saat saja dan dapat tumbuh dengan baik di tempat yangtidak terlalu panas. Tanaman ini sangat mudah diidentifikasi setelah berusia tua, dapat melihat mana daunny, mana batangnya, dan bagian – bagian yang lainnya.

Bunga ini mekar pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Secara umum bunga ini dikelompokkan dalam keluarga kaktus-kaktusan ini mekar pada saat malam hari. Dan jika saat mekar dimalam hari,  bunga ini dapat mengeluarkan bau yang wangi dan sangat semerbak seperti halnya bunga sedap malam.

Tak hanya mengeluarkan bau yang wangi, bunga ini juga memiliki buah yang lezat dan dikatakn rasa seperti gooseberry. Isi buah dari tanaman ini mirip seperti buah kiwi, dengan bubur hijau dan biji hitam kecil.

Etimologi Bunga Wijayakusuma

Tanaman ini dinamainya sangat bergigi batang (“anguliger” = “sudut bantalan”) yang kadang-kadang membuat persegi Panjang yang sempurna.

Sejarah Bunga Wijayakusuma

Tanaman ini pertama kali didistribusikan oleh Horticultural Society of London yang diperoleh dari kolektor, T . Hartweg, pada tahun 1846.

Asal dan Habitat Bunga Wijayakusuma

C & S Mexico (Jalisco, Nayarit, Colima, Guerrero, dan Matanego). Epifit di hutan oak hijau.

 

Adapun fakta dan mitos dari Bunga Wijayakusuma yang belum banyak orang tahu, sebagai berikut.

1.       Berasal fari Venezuela, Amerika Selatan

Mungkin banyak orang yang mengira tanaman ini berasal dari Indonesia, tapi sebenarnya tanaman ini berasal dari daratan Amerika Selatan, tepatnya di negara Venezuela. Bunga ini dulunya dibudidayakan secara massif, terutama di kalangan kerajaan sebagai tanda kejayaan dan kekuatan sang raja.

 

2.       Jenis Bunga yang sangat langka

Tumbuhan ini merupakan salah satu bunga langka yang saat ini cukup sulit untuk dijumpai di dunia. Oleh karena itu, bunga ini termasuk bunga yang dilindungi di suaka alam milik negara. Bunga ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan cara hidupnya menempel pada karang.

 

3.       Mekarnya cukup sulit diprediksi

Faktanya bunga ini sulit diprediksi kapan bunga ini mekar secara pasti kapan waktu pemekarannya. Banyak juga yang berpendapat bahwa bunga ini mekar di malam hari karena masih tergolong kaktus. Pada saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang harum.

4.       Ada mitos tentang mekarnya Bunga Wijayakusuma ini

Mitos dikalangan orang Indonesia tentang bunga ini adalah bahwa seseorang yang melikat bunga ini di saat mekar, maka orang tersebut akan mendapatkan rezeki yang berlimpah, kesehatan, danhal-hal baik lainnya. Pada beberapa kejadian yang mungkin memang bersifat kebetulan, mitos tersebut terjadi.

 

5.       Bunga ini memiliki hubungan erat dengan penguasa masa silam

Bunga ini memiliki cerita atau mitos tersendiri dikalangan orang Surakarta dan Yogyakarta. Dulunya bunga ini memang di percaya memiliki hubungan erat dengan para Raja di Kerajaan Majapahit pada masa silam. Karena hal tersebut, kebanyakan masyarakat di sana mempercayai bahwa bunga wijayakusuma memiliki kekuatan magis yang cukup besar.


Manfaat dan Khasiat Bunga Wijayakusuma

Bunga ini ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang bisa di obati dan di sembuhkan dengan bunga wijayakusuma ini, antara lain:

1.       Mengobati luka abses.

2.       Menghilangkan bisul.

3.       Menghilangkan jerawat.

4.       Anti radang.

5.       Tuberkolosis.

6.       Meredakan batuk.

7.       Muntah darah.

8.       Pendarahan.

9.       Asma.

10.   Menetralkan pembekuan darah serta meredakan rasa sakit yang disebabkannya.

 

 

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar