Logo Eventkampus

Tips membuat martabak manis yang enak dan cara membuatnya

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips membuat martabak manis yang enak dan cara membuatnya

     Mungkin sebagian dari kalian pernah membuat martabak/terang bulan tetapi hasilnya kurang memuaskan. Nah, pada pada artikel kali ini akan membahas tentang tips membuat martabak dengan tekstur yang lembut. Simak artikel berikut :

 

   1.   Pakai bahan pengembang agar teksturnya semakin bersarang

             Tekstur martabak manis bisa bersarang, berserat, atau berpori karena adanya gelembung udara yang “terjebak” dalam adonan. Gelembung udara ini muncul karena adonan diberi bahan pengembang seperti baking soda, baking powder, dan ragi. Anda bisa pilih salah satu bahan pengembang atau mengombinasikan dua bahan. Misalnya baking soda dan ragi. Campurkan ragi saat proses pembuatan adonan, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonannya proofing. Ketika akan dipanggang, barulah masukkan baking soda secukupnya saja dan aduk rata. Penambahan baking soda atau baking powder sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dipanggang. Sebab, kedua jenis bahan pengembang ini tak bisa tahan lama dalam suhu ruang. 

 

   2.   Pakai wajan yang tebal dan anti lengket

Penjual martabak manis biasanya memakai loyang khusus martabak. Loyang khusus ini berat, tebal, dan terbuat dari besi atau baja. Kalau ingin martabak lebih matang sempurna, pakailah panci yang paling tebal di rumah anda. Selain itu, pastikan juga pancinya anti lengket sehingga martabak lebih mudah diangkat. Dengan begitu, martabak bisa matang  merata dan tidak cepat gosong saat dimasak.

 

   3.   Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum adonan masuk

Trik lain supaya martabak lebih bersarang adalah memasukkan adonan saat wajan sudah benar-benar panas. adonan martabak akan langsung mengembang dan lebih cepat muncul pori-porinya saat bersentuhan dengan wajan panas. Cara mengecek wajannya, coba ciprati sedikit air ke atas wajan. Kalau air cepat menguap, berarti wajan sudah cukup panas untuk memanggang adonan martabak.

 

   4.   Langsung tutup wajan saat adonan sudah bulat merata di atas wajan

Tuang adonan martabak di atas wajan dan ratakan hingga berbentuk bulat. Nah, salah satu trik supaya permukaan atasnya lekas matang adalah segera tutup setelah adonan bulat merata di atas wajan. Selain itu, martabak manis juga lebih ngembang dan cepat muncul sarangnya karena suhu di dalam wajan lebih panas. Oh ya, jangan lupa untuk mengecilkan api supaya bagian bawahnya tidak cepat gosong.

 

   5.   Oleskan margarin atau mentega selagi martabaknya panas

Setelah permukaan martabak manis agak padat, taburkan gula secukupnya dan tutup lagi wajannya. Kalau pinggiran martabak sudah lepas dari wajan, buka tutupnya dan segera oleskan margarin atau mentega pada permukaan martabak. Dijamin, tekstur martabak akan lebih lembut dan bercitarasa.

Selanjutnya, taburkan topping yang agak besar dan kasar seperti kacang, meses, oreo, atau coklat sesaat setelah martabak dilapisi margarin.  Dengan begitu, toppingnya akan lebih menempel di permukaan martabak.

sumber : 

https://resepkoki.id/5-tips-membuat-martabak-manis-atau-terang-bulan-bersarang-dan-lebih-lembut/ 

 

Ø  Cara Membuat Martabak Manis Original

Bahan:

  • 125 gram tepung terigu protein sedang

  • 180 ml air matang

  • 4 sendok makan margarin

  • 3 sendok makan gula pasir

  • 2 sendok makan susu bubuk (opsional)

  • 1 butir telur ayam

  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)

  • 1/2 sendok teh baking powder

  • susu kental manis secukupnya

 

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal.

  2. Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5-10 menit saja.

  3. Selagi adonan didiamkan, letakkan 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai sedikit mendingin.

  4. Kocok lepas telur ayam hingga tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.

  5. Tambahkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.

  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.

  7. Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu taburkan sisa 1 sendok makan gula pasir di permukaannya.

  8. Tutup loyang teflon, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.

  9. Selagi masih panas, olesi martabak dengan sisa 1 sendok makan margarin. Tuangi susu kental manis. Potong-potong dan beri topping sesuai selera. sumber(liputan6.com)

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar